Penambang Pasir Temukan Bebatuan Candi di Lereng Merbabu-Merapi

Eko Susanto - detikNews
Kamis, 01 Okt 2020 18:05 WIB
Lokasi penemuan struktur batu andesit diduga candi di lereng Gunung Merapi-Merbabu
Lokasi penemuan struktur batu andesit diduga candi di lereng Gunung Merapi-Merbabu (Foto: Eko Susanto/detikcom)

"Kemudian ketika kita cek di lapangan belum ada yang bagian-bagian atap, makanya kita belum bisa menentukan itu candi atau petirtaan dan lain sebagainya. Kita sebut struktur dulu," ujarnya.

Dia menerangkan pihaknya sudah mempertimbangkan akan melakukan ekskavasi. Namun, ada kemungkinan kegiatan ini bisa dilakukan pada tahun depan.

"Kami proses laporannya, kita sudah sampaikan ke atasan. Kalau rekomendasi kami, temuan itu sangat berpotensi (struktur candi). Kalau bisa nanti ada tindakan lanjutan, biasanya proses ekskavasi, entah jika memungkinkan tahun ini, kalau nggak tahun depan. Kita sudah sampaikan ke atasan dan atasan menerima laporan kami. Kita harapkan ada tindakan selanjutnya," ujarnya.

Lokasi penemuan struktur batu andesit diduga candi di lereng Gunung Merapi-MerbabuPenampakan struktur batu andesit yang diduga candi di lereng Gunung Merapi-Merbabu Foto: Eko Susanto/detikcom

Dia pun berpesan agar warga yang menemukan bebatuan diduga struktur candi jangan memindahkan batu tersebut. Sehingga ke depan pihaknya bisa menemukan gambaran utuh dari temuan struktur batu itu.

"Langkah pertama, kita sudah matur dengan Pak Lurah, ketika nanti ada penggalian dan menemukan sesuatu jangan diapa-apakan, jangan dipindah dulu, jangan dibongkar, kalau misalnya memang masih dalam bentuk tatanan. Tapi memang penggalian tetap dilakukan tapi sedikit menghindari dari struktur yang ditemukan," pungkasnya.

Halaman

(ams/sip)