Wabup Wonogiri Gantikan Bupati Petahana yang Cuti Pilkada

Aris Arianto - detikNews
Jumat, 25 Sep 2020 20:52 WIB
Wakil Bupati Wonogiri Edy Santoso yang bakal menjadi Plt Bupati Wonogiri selama Joko Sutopo (Jekek) cuti Pilkada 2020.
Wakil Bupati Wonogiri Edy Santoso. (Foto: Aris Arianto/detikcom)
Wonogiri -

Bupati petahana Wonogiri Joko Sutopo (Jekek) mulai cuti menjelang kegiatan kampanye untuk Pilkada 2020. Selama masa cuti Jekek, Wakil Bupati Edy Santoso, bakal menjadi pelaksana tugas (Plt) Bupati Wonogiri.

"Nanti Plt Bupati adalah pak Edy, mulai besok menjabatnya. Kan saya ambil cuti kampanye," kata Joko Sutopo kepada media di komplek DPRD Wonogiri, Jumat (25/9/2020).

Jekek menyebut secara otomatis yang menjadi Plt adalah wabup. Sebab, Edy tidak mencalonkan diri dalam Pilkada.

"Sesuai aturan apabila kepala daerah mencalonkan namun wakil tidak mencalonkan, maka Plt bupati yang ditunjuk adalah wakil bupati," tutur Jekek.

Jekek mengaku mengambil cuti pada Sabtu (26/9) hingga Sabtu (5/12) mendatang untuk kampanye. Dia juga sudah mendapatkan izin.

"Saya akan mengambil masa cuti kampanye mulai 26 September 2020 hingga 5 Desember 2020, kemarin sudah mengajukan dan diizinkan," bebernya.

Untuk diketahui, dalam Pilkada Wonogiri diikuti dua paslon. Mereka yakni Bupati petahana Wonogiri Joko Sutopo yang berpasangan dengan Setyo Sukarno (Josss), dan Hartanto-Joko Purnomo (Harjo).

Pasangan Joko Sutopo-Setyo Sukarno diusung parpol PDIP, Golkar dan PAN, dengan keterwakilan 39 kursi di DPRD Wonogiri. Sementara paslon Hartanto-Joko Purnomo diusung parpol PKS, Gerindra, dan PKB dengan keterwakilan 11 kursi legislatif.

(ams/sip)