Dirawat di RS, Cabup Purbalingga Oji Tetap Bisa Ikuti Tahapan Pilkada

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Rabu, 23 Sep 2020 19:53 WIB
Pasangan Sulhan-Zaini mendaftar ke KPU Purbalingga
Pasangan Sulhan (Oji)-Zaini saat mendaftar ke KPU Purbalingga. (Foto: Arbi Anugrah/detikcom)
Semarang -

Calon Bupati (Cabup) Purbalingga Muhammad Sulhan Fauzi (Oji) dirawat di rumah sakit di Jakarta. KPU menyebut Oji tetap bisa mengikuti tahapan Pilkada 2020 meski kondisinya sakit.

Komisioner KPU Jawa Tengah, Paulus Widiyanto mengatakan pihaknya memang belum mendapatkan informasi terkait sakit yang diderita Oji. Namun apapun penyakitnya, proses masih berjalan dan yang bersangkutan sudah ditetapkan sebagai paslon oleh KPU Purbalingga.

"Kami belum dapat informasi terbaru (soal penyakit Muhammad Sulhan). Tapi apapun penyakitnya, yang bersangkutan tetap sah sebagai calon yang sudah ditetapkan tadi," kata Paulus saat dimintai konfirmasi detikcom, Rabu (23/9/2020).

Paulus juga menjelaskan, pada tahapan pengundian nomor urut, jika yang bersangkutan tidak hadir karena masih sakit bisa memberikan mandat kepada orang lain. Paslon juga diberi pilihan jika memungkinkan, bisa mengikuti secara daring.

"Terkait pengundian, jika yang bersangkutan tidak bisa hadir, sepanjang ada surat keterangannya dan ada surat mandat pada calon wakilnya, tetap bisa mengikuti pengundian. Nanti yang bersangkutan bisa mengikuti juga melalui daring," jelasnya.

Diberitakan sebelumnya, Muhammad Sulhan Fauzi sudah dua pekan dirawat di rumah sakit di Jakarta. Tim sukses Muhamamd Sulhan Fauzi dan Zaini Makarim (Oji-Jeni), Adi Yuwono, mengatakan jika Oji saat ini tengah dirawat di rumah sakit semenjak pulang dari tes kesehatan di Klaten dua pekan lalu.

"Mas Oji komunikasi dengan saya itu memang sakitnya semenjak tes kesehatan di salah satu rumah sakit di Klaten," kata Adi saat dihubungi detikcom, Selasa (22/9).

Selanjutnya
Halaman
1 2