Menengok Rumah Tua di Tengah Kebun Jati Gunungkidul yang Viral

Pradito Rida Pertana - detikNews
Rabu, 23 Sep 2020 15:06 WIB
Rumah tua di tengah kebun jati di Gunungkidul yang viral, Rabu (23/9/2020).
Rumah tua di tengah kebun jati di Gunungkidul yang viral, Rabu (23/9/2020). (Foto: Pradito Rida Pertana/detikcom)

Martanty melanjutkan, dia sempat tinggal di rumah tersebut selama beberapa tahun. Hal itu karena weton atau penanggalan Jawa hari lahirnya sama dengan ibunya.

"Saya dari bayi sampai SMP ikut eyang karena kalau orang Jawa itu kalau weton sama ibunya harus dipisah, kebetulan weton saya sama dengan ibu lalu dipisah," katanya.

"Sebetulnya dipisah itu hanya simbol, istilahnya ditemu orang dan nanti ditebus sama orang tua. Tapi karena yang ambil eyang saya sendiri jadi tidak boleh diambil karena sudah terlanjur senang dapat momongan," imbuhnya.

Selesai menempuh studi SMP pada tahun 1974, Martanty pindah ke Malang, Jawa Timur. Di mana saat itu eyangnya juga ikut berpindah tempat tinggal ke Malang.

"Lalu pindah ke Malang dan eyang putri ikut, saat itu eyang putri masih wara-wiri (bolak-balik Gunungkidul) dan akhirnya tinggal di Malang. Terus ada yang jaga tapi akhirnya yang jaga ikut keluarganya dan mulai kosong 10 tahun yang lalu," ujarnya.

Dia menambahkan, rencananya rumah tersebut akan dipugar. Hal itu untuk mempertahankan bentuk rumah aslinya.

"Kami sudah berembuk rumah itu dipugar untuk transit kalau keluarga ke Ponjong, tapi belum kesampaian. Nantinya kalau dipugar jelas akan mempertahankan bentuk aslinya," ucapnya.

Halaman

(rih/sip)