Round-Up

Kemruyuk di Angkringan Kopi Jos Yogya yang Viral dan Bikin Khawatir

Tim detikcom - detikNews
Senin, 21 Sep 2020 19:53 WIB
Kerumunan di angkringan kopi Jos Yogyakarta, Senin (21/9/2020).
Foto: Kerumunan di angkringan kopi Jos Yogyakarta, Senin (21/9/2020). (Tangkapan layar akun Twitter @DosenGarisLucu)

"Bahkan Sabtu malam lalu terjaring 83 pelanggar, 80 kena sanksi sosial, 3 kena denda. Kemudian Minggu malam ada 106 pelanggar," katanya.

Sekda DIY Kadarmanta Baskara Aji menambahkan, ada opsi yang akan dipertimbangkan yakni pembatasan jumlah pengunjung di suatu tempat.

"Pembatasan lebih ke jumlah (pengunjung) di suatu tempat, nanti aturannya bisa saja misalnya hanya boleh take away, karena bisa kurangi kerumunan," katanya.

Jika masih ada yang tidak mematuhinya, Aji menyebut Pemda DIY tidak segan-segan memberikan sanksi bagi para pelaku usaha. Sanksi itu mulai dari teguran hingga penutupan tempat usaha.

"Saya kira kesadaran itu yang harus muncul, bukan untuk kepentingan pemerintah tapi itu untuk kepentingan mereka sendiri, kita sudah minta kesadaran mereka. Apalagi kalau kita lihat angka 74, 70 (kasus) ini kapan kita mau selesai ini, apa perlu kita ada jam malam, apa kita harus melarang orang keluar rumah? Itu kan juga nanti jadi kehidupan perekonomian masyarakat terganggu. Jadi saya kira kembali ke kesadaran masyarakat," imbuh Aji.

Halaman

(sip/mbr)