Saat Bung Karno Terpekur Berdoa di Depan Pusara Pendekar Jepara

Dian Utoro Aji - detikNews
Sabtu, 19 Sep 2020 21:02 WIB
Bung Karno saat ziarah ke makam Ratu Kalinyamat di Jepara, tahun 1952.
Bung Karno saat ziarah ke makam Ratu Kalinyamat di Jepara, tahun 1952. (Foto: Tangkapan layar akun facebook ISJ)
Jepara -

Ternyata Presiden RI Pertama Ir Sukarno pernah berziarah ke makam Ratu Kalinyamat di Desa Mantingan, Kecamatan Tahunan, Jepara, Jawa Tengah. Sang Ratu adalah pendekar perempuan yang pernah mepimpin ribuan pasukan melawan kaum penjajah.

Dilihat detikcom dari unggahan di akun facebook Info Seputar Jepara (ISJ), menunjukkan pada arsip nasional 13 September 1952 yang lalu Presiden Pertama RI, Ir Sukarno dan rombongan berkunjung ke Jepara.

Dalam foto itu, terlihat Bung Karno ziarah di makam Ratu Kalinyamat. Selain itu, Bung Besar itu juga sempat berkunjung di sejumlah tempat dan berorasi. Adapun tulisan dipostingan tersebut sebagai berikut;

#Arsip Nasional Republik Indonesia Presiden Soekarno berkunjung ke Jepara dan makam Mantingan.

Dalam Arsip Nasional RI 13 September 1952 yang lalu Presiden pertama RI, Ir Soekarno dan rombongan berkunjung ke Kabupaten Jepara.

Dalam foto arsip tersebut presiden memberikan pidato di Jepara dan juga berziarah di Makam Ratu Kalinyamat di Mantingan, Jepara, Jawa Tengah. 13 September 1952.

Ir. Soekarno, presiden yang pernah berkunjung ke Jepara.

Sumber : ANRI, (Arsip Nasional Republik Indonesia) Depppen RI 1966 - 1967 No, 520913GS1-1," seperti dilihat detikcom pukul 14.43 WIB, Jumat (18/9/2020).

Bung Karno saat ziarah ke makam Ratu Kalinyamat di Jepara, tahun 1952.Bung Karno saat ziarah ke makam Ratu Kalinyamat di Jepara, tahun 1952. (Foto: Tangkapan layar akun facebook ISJ)

Terpisah, Budayawan Jepara Hadi Priyatno membenarkan bahwa Bung Karno pernah ziarah ke makam Ratu Kalinyamat di Mantingan.

"Beliau (Bung Karno) ke sana (ziarah Ratu Kalinyamat), terus mampir ke SMP 6 waktu itu kemudian baru di Pendapa Kabupaten Jepara," kata Hadi yang juga penulis buku Ratu Kalinyamat, Rainha de Jepara saat dihubungi detikcom, Sabtu (19/9/2020).

"Beliau ini menghormati Ratu Kalinyamat. Apalagi hingga sekarang ada Masjid Mantingan yang berada komplek Makam Ratu Kalinyamat merupakan (salah satu) masjid tertua di Indonesia. Karena Masjid Mantingan juga dibangun awal pemerintahan Ratu Kalinyamat," terang Hadi.

Ratu Kalinyamat adalah bangsawan dari keturunan dinasti Demak. Dia merupakan salah seorang tokoh wanita yang memimpin pemerintahan di Jepara. Kalinyamat pernah mengirim ribuan pasukan tempur ke Malaka untuk mengusir Portugis yang menguasai kawasan tersebut.

(mbr/mbr)