Buron Penipuan Rp 4,6 M Ditangkap di Banyumas

Arbi Anugrah - detikNews
Kamis, 17 Sep 2020 12:47 WIB
Buronan kasus penipuan Rp 4,7 miliar ditangkap di Purwokerto, Kamis (17/9/2020).
Foto: Buronan kasus penipuan Rp 4,6 miliar ditangkap di Purwokerto, Kamis --17/9/2020. (Arbi Anugrah/detikcom)

"Zakaria ini melakukan penipuan kalau dia mempunyai tanah dan sertifikatnya digadaikan di bank. Sama pembeli tanah dia suruh membayar, bahwa dia mempunyai tanah suruh nebus Rp 5 miliar-an, setelah itu sertifikatnya diambil. Ternyata tidak dikasihkan sama yang beli atas mana Bapak Nico. Jual belinya tahun 2014, karena lama tidak dikasih akhirnya dia dilaporkan," ujarnya.

Dia mengungkapkan, selama ini ternyata tanah dengan lima sertifikat atas nama Muhammad Zakaria tersebut sudah dijual kepada pihak lain.

"Tanahnya sampai 5 sertifikat milik satu orang Zakaria saja, tidak hafal kita luasnya, iya di Banyumas semua (tanahnya) nilainya Rp 4,6 miliar. Karena tanahnya tidak dikasihkan dan ternyata sudah dijualbelikan dengan orang lain, jadi dia dilaporkan. Karena merasa ditipu bahwa ternyata tanahnya sudah dijual kepada orang lain," ungkapnya.

Setelah dari Kejari Purwokerto, Muhammad Zakaria kemudian dipindahkan ke Lapas Purwokerto untuk menjalani hukuman. Zakaria dikenakan pasal 378 KUHP tentang penipuan.

Halaman

(sip/mbr)