9 Nakes Kena COVID-19, Puskesmas Dukuhseti Pati Ditutup

Arif Syaefudin - detikNews
Senin, 24 Agu 2020 18:28 WIB
Bupati Pati Haryanto
Foto: Bupati Pati Haryanto. (Arif Syaefudin/detikcom)
Pati -

Sebanyak sembilan tenaga kesehatan (nakes) di Puskesmas Dukuhseti di Kecamatan Dukuhseti, Pati terpapar virus Corona atau COVID-19. Akibatnya, Puskesmas Dukuhseti ditutup sementara.

Puskesmas Dukuhseti ini ditutup sejak Kamis (20/8) lalu sampai Selasa (25/8). Selama penutupan dilakukan disinfeksi di area Puskesmas.

"Betul (Puskesmas Dukuhseti) ditutup. Mulai Kamis sampai Selasa besok," kata Bupati Pati Haryanto saat dimintai konfirmasi detikcom lewat pesan singkat, Senin (24/8/2020).

Haryanto menyebut sembilan nakes positif Corona itu telah diisolasi di Hotel Kencana Pati. Sampai hari ini para nakes tersebut kondisinya membaik.

"Alhamdulillah kondisinya sehat semua. Kita isolasi di Hotel Kencana sampai nanti benar-benar dinyatakan negatif," jelasnya.

Haryanto pun menampik jika Puskesmas Dukuhseti merupakan klaster COVID-19. Sebab, menurutnya temuan kasus positif sudah secara cepat ditangani oleh tim gugus tugas COVID-19 Pati sehingga tidak meluas.

"Bukan (kluster baru COVID-19). Kalau menyebar itu baru kluster, ini kan sudah kita atasi dan antisipasi secara langsung," lanjut Haryanto.

"Kalau dibandingkan dengan daerah lain, Pati rendah (angka penularan COVID-19), ranking 10 dari bawah. Yang penting hati-hati, masyarakat harus paham protokol kesehatan," sambungnya.

Sementara itu, berdasarkan laman website GTTP COVID-19 Kabupaten Pati pada Senin (24/8) pukul 14.00 WIB, total kasus pasien terkonfirmasi COVID-19 ada 17 pasien. Pasien suspek COVID-19 ada 42 orang, dan orang yang positif COVID-19 tapi tidak mempunyai gejala ada 22 orang.

Sementara itu, pasien yang meninggal dan dimakamkan dengan protokoler jenazah COVID-19 ada 65 orang. Sebanyak 47 orang di antaranya belum terkonfirmasi positif dan 18 orang di antaranya telah dinyatakan positif COVID-19.

(ams/ams)