Duduk Perkara Relawan BPBD Kudus Setop Bantu Urus Jenazah Pasien Corona

Dian Utoro Aji - detikNews
Minggu, 16 Agu 2020 22:32 WIB
Tim relawan pemulasaraan dan pemakaman jenazah pasien Corona di Kudus.
Tim relawan pemulasaraan dan pemakaman jenazah pasien Corona di Kudus. (Foto: Dok. BPBD Kudus)

"Bukan mogok, tapi karena pernyataan dari jubir GTPP yang terhormat saat jumpa pers ada bersangkutan sudah memberikan pelatihan dan membentuk tim pemulasaraan dan pemakaman di 132 desa, kalau ada pernyataan itu kan benar. Maka ya sudah ternyata sudah ada (tim pemulasaraan jenazah COVID-19)," kata Ketua Relawan Pemulasaraan Jenazah BPBD Kudus saat dihubungi detikcom, hari ini.

"Ya tidak sementara (tidak melakukan pemulasaraan dan pemakaman jenazah COVID-19), karena mereka sudah punya (tim pemulasaraan dan pemakaman jenazah COVID-19)," sambung Mbah Bejo yang juga Korlap Forum Relawan Penanggulangan Bencana (FRPB) BPBD Kudus.

Terpisah, saat dihubungi terkait tim relawan BPBD berhenti membantu mengurus jenazah pasien Corona, Plt Bupati Kudus HM Hartopo menyebutkan ada relawan yang terinfeksi Corona. Sehingga relawan tidak melakukan pemakaman jenazah COVID-19 sementara waktu karena anggotanya kurang lengkap.

"Tidak (tidak ada tim pemulasaraan dan pemakaman jenazah COVID-19 ada yang mogok), jadi BPBD memang kemarin ada yang terinfeksi (positif COVID-19). Nah terinfeksi, nah sementara istirahat dulu, karena tidak komplet (anggotanya). Tapi yang lain banyak, tim pemulasaraan, kan ada dari polres, dari rumah sakit juga ada, dari kemarin terbentuk dari MUI jadi tidak ada permasalahan," terang Hartopo yang juga Ketua GTPP COVID-19 Kudus saat dihubungi hari ini.

Halaman

(rih/rih)