Pilu Pasien Kanker yang Dikucilkan Gegara Corona: Uang Habis-Batal Operasi

Imam Suripto - detikNews
Jumat, 14 Agu 2020 16:05 WIB
Sujono saat menerima bantuan yang disalurkan lewat gugus tugas percepatan penangan COVID-19 Kabupaten Brebes
Foto: Sujono saat menerima bantuan yang disalurkan lewat gugus tugas percepatan penangan COVID-19 Kabupaten Brebes (Imam Suripto/detikcom)

Dia mengatakan biaya pengobatan Sujono akan ditanggung oleh BPJS. Meski pengobatan kanker itu gratis, Adhi mengakui Sujono masih membutuhkan bekal uang untuk menjalani pengobatan selama di rumah sakit.

"Proses selanjutnya, besok akan mengurus rujukan. Dari Puskesmas ke RS Mutiara Bunda dan selanjutnya ke Rumah Sakit Kariadi," ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, Sujono merupakan pasien kanker yang dikucilkan keluarganya gegara sempat terpapar COVID-19. Sejak pulang dari RSUP dr Kariadi Semarang usai dinyatakan sembuh dari Corona, Sujono hidup seorang diri di rumah milik keluarga besarnya itu.

Rumah itu saat ini hanya ditempati oleh Sujono karena saudara dan anggota keluarga lainnya memilih pindah tempat tinggal. Keluarga Sujono mengontrak rumah dan tidak mau hidup bersama lantaran Sujono pernah terpapar virus Corona. Alasannya adalah takut tertular virus yang dimungkinkan masih ada pada tubuh Sujono.


Untuk diketahui, Sujono memiliki dua anak. Salah satu anaknya berada di pondok, sedangkan satunya lagi ikut istrinya yang sudah pisah rumah. Meski dikucilkan keluarga besarnya, kakaknya Rosiah (59) masih mengiriminya makan tiap hari.

Halaman

(ams/rih)