5 Nakes Kena Corona, Puskesmas Kunduran Blora Ditutup Sementara

Febrian Chandra - detikNews
Senin, 10 Agu 2020 21:00 WIB
Kepala Dinkes Blora Lilik Hernanto
Foto: Kepala Dinkes Blora, Lilik Hernanto. (Febrian Chandra/detikcom)
Blora -

Lima tenaga kesehatan (nakes) di Puskesmas Kunduran, Kecamatan Kunduran, Blora positif virus Corona (COVID-19). Untuk sementara pelayanan kesehatan di Puskesmas itu ditutup hingga tanggal 17 Agustus 2020.

"Ada lima tenaga kesehatan di Puskesmas Kunduran terpapar virus Corona, untuk sementara pelayanan ditutup," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Blora Lilik Hernanto saat dimintai konfirmasi detikcom, Senin (10/8/2020).

Lilik mengatakan bagi warga Kunduran yang hendak berobat sementara waktu dialihkan ke Puskesmas terdekat. Menurutnya, warga bisa berobat sementara ke Puskesmas Sonokidul, Ngawen dan sekitarnya.

Lilik mengatakan Puskesmas Kunduran ditutup sejak Jumat (8/8) kemarin dan dilanjutkan dengan disinfeksi. Hal ini guna memutus mata rantai penyebaran COVID-19.

"Sedangkan para tenaga kesehatan itu, telah melakukan isolasi mandiri untuk memutus mata rantai penularan COVID-19, baik untuk keluarga dan masyarakat sekitar," jelas Lilik yang juga juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) COVID-19 itu.

Lilik mengatakan kasus pertama terungkap setelah seorang paramedis di Puskesmas tersebut sakit. Dia lalu berobat ke rumah sakit di luar kota. Saat itu paramedis tersebut di-swab dan menunjukkan hasil positif COVID-19.

Selanjutnya
Halaman
1 2