Round-Up

Akhir Manis Catur, Siswa Jadi Kuli Demi Beli HP untuk Belajar Online

Febrian Chandra - detikNews
Senin, 10 Agu 2020 10:35 WIB
Catur Ferianto (16) terpaksa jadi kuli agar bisa menabung membeli smartphone
Catur Ferianto (16) terpaksa jadi kuli agar bisa menabung membeli HP (Foto: Febrian Chandra/detikcom)
Grobogan -

Semangat Catur Ferianto (16) pelajar kelas MTs di Kabupaten Grobogan berbuah manis. Kisahnya viral ketika dia bekerja menjadi kuli bangunan supaya bisa membeli handphone untuk belajar secara daring. Kini dia telah mendapatkan perangkat tersebut.

Catur Ferianto merupakan anak ke 4 dari 5 bersaudara. Ayahnya sudah lanjut usia dan bekerja serabutan, ibunya tidak bekerja. Selama pandemi virus Corona atau (COVID-19) sistem belajar mengajar dilakukan secara daring. Namun terdapat kendala dalam sistem belajar mengajar seperti itu, salah satu siswa tidak memiliki HP, seperti yang dialami Catur.

Dalam setiap mengerjakan tugas sekolah tersebut, Catur kerap kali keteteran untuk mengumpulkan tugas-tugas dari sekolah. Sebab Catur harus menunggu HP milik Kakak perempuannya. Sedangkan Kakaknya tersebut pulang kerja di atas pukul 21.00 WIB.

"Selama ini untuk mengerjakan tugas saya selalu meminjam HP milik Kakak," Kata Catur saat ditemui detikcom, Jumat (7/8).

Keinginan memiliki HP untuk belajar online, lantas membuat Catur nekat bekerja sebagai kuli bangunan. Hasil upah menjadi kuli rencananya akan dia gunakan untuk membeli smartphone.

Suwarsih, ibunya Catur, juga mengaku tidak mampu membelikan HP sebagai sarana belajar online. "Selama ini kan sejak ada Corona belajarnya di rumah. Itu perlu HP, kalau mengerjakan tugas itu si Catur pinjam HP mbak-nya," Terangnya.

Suwarsih sebenarnya tak sampai hati mengizinkan anaknya untuk bekerja sebagai kuli bangunan. Namun karena keinginan dan tekat yang keras dari sang anak, akhirnya izin untuk bekerja pun diberikan.

Tonton video 'Mendikbud Izinkan Dana BOS untuk Beli Kuota Internet Murid':

[Gambas:Video 20detik]




Selanjutnya
Halaman
1 2