Pantai Goa Cemara Ditutup Sementara Selama Pencarian Korban Hanyut

Pradito Rida Pertana - detikNews
Minggu, 09 Agu 2020 11:46 WIB
Tim SAR gabungan melakukan operasi pencarian lima wisatawan yang terseret ombak di Pantai Goa Cemara, Bantul, Jumat (7/8/2020).
Pantai Goa Cemara ditutup sementara untuk wisatawan selama proses pencarian korban hanyut (Foto: Dok. Basarnas Yogyakarta)
Bantul -

Pantai Goa Cemara di Dusun Patihan, Desa Gadingsari, Kecamatan Sanden, Bantul ditutup sementara bagi wisatawan. Hal itu dilakukan untuk memudahkan koordinasi Tim SAR Gabungan untuk pencarian satu korban yang hilang, yakni Ahmad Chairul Fatah (4).

Kepala Satpol PP Kabupaten Bantul, Yulius Suharta mengatakan penutupan dimulai dari pintu masuk ke Pantai Goa Cemara. Penutupan ini berlaku untuk wisatawan yang datang ke Pantai tersebut.

"Sementara ditutup dan sudah berlaku sejak kemarin (Sabtu) siang. Supaya penanganan pencarian korban lebih bisa terfokus, karena kebetulan kemarin hari Sabtu dan sekarang hari Minggu biasanya banyak pengunjung yang datang," kata Yulius saat dimintai konfirmasi detikcom, Minggu (9/8/2020).

Selama penutupan ini, akses pintu masuk menuju Pantai Goa Cemara bakal dijaga petugas Satpol PP. Jika ada wisatawan yang datang nantinya akan diarahkan petugas berkunjung ke pantai yang lain.

"Jalur masuknya Pantai Goa Cemara kan hanya satu pintu, nah di situ langsung kita tutup dan kasih tulisan 'sementara pantai ditutup'. Di sana (pintu masuk) ada yang jaga dan kalau ada pengunjung yang datang kita beri informasi dan kita arahkan untuk mengunjungi pantai lainnya," urai Yulius.

Keputusan ini diambil setelah pihaknya berkoordinasi dengan Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul. Dinas Pariwisata lalu menyerahkan upaya penutupan Pantai Goa Cemara kepada Satpol PP Kabupaten Bantul.

"Karena itu kemarin kita informasikan dengan Dinas Pariwisata (Kabupaten Bantul) apakah dimungkinkan supaya tidak trouble di lapangan dalam penanganan antara tim relawan dengan pengunjung," ucapnya.

Tonton video 'Aksi Heroik Dadan Selamatkan Wisatawan yang Ditelan Ombak':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2