Buku Perpusda Kudus Dikarantina Dulu Usai Dipinjam untuk Cegah COVID-19

Dian Utoro Aji - detikNews
Jumat, 07 Agu 2020 13:34 WIB
Buku Perpusda Kudus dikarantina 24 jam, Jumat (7/8/2020).
Foto: Buku Perpusda Kudus dikarantina 24 jam, Jumat (7/8/2020). (Dian Utoro Aji/detikcom)

"Ide awalnya, kita mengacu pada perpustakaan di Banyumas sama ide perguruan tinggi di Surabaya, lalu kita kembangkan, kita koordinasi sama teman-teman di rumah sakit terkait dengan pelaksanaan sterilisasi ala medis di sana. Tenyata di sana membutuhkan lampu ultraviolet, cuman terkait dengan lampu ultraviolet tipe C itu, kita belum menemukan, sementara untuk menunggu pesan (lampu ultraviolet tipe C) sama teman, sementara saat ini kita gunakan suhu dengan lampu bohlam yang ada," ujar dia.

Tidak hanya itu, gunakan mencegah COVID-19, pihaknya juga telah memberlakukan penerapan protokol secara ketat. Perpusda sudah menyiapkan tempat cuci tangan. Bagi pengunjung sebelum masuk juga wajib mengenakan masker dan tes suhu. Bagi pegawai Perpusda juga menerapkan protokol kesehatan, mulai pakai masker hingga menggunakan face shield.

Adapun pelayanan membaca langsung di Perpusda sementara ditiadakan. Menurut Sugiyanto, Perpusda hanya melayani pinjam buku, pengembalian buku, dan juga permohonan blangko pengisian anggota.

"Kami juga mengurangi, tidak ada buka baca di tempat, hanya melayani permohonan tanda anggota, pelayanan peminjaman, dan pengembalian buku," jelas Sugiyanto.

Sementara itu, jumlah koleksi pustaka di Perpusda Kudus terdapat 30.063 judul dengan jumlah buku sebanyak 41,418 eksemplar. Sedangkan jumlah pengunjung Januari hingga Juni ada sebanyak 12.587 orang. Itu terdiri dari pelajar hingga orang umum.


(sip/ams)