Bakal Ramai! Wabup Petahana Tantang Istri Bupati di Pilkada Blora

Febrian Chandra - detikNews
Rabu, 05 Agu 2020 21:38 WIB
Arif Rohman-Tri Yulisetyowati yang siap maju di Pilkada Blora 2020.
Arif Rohman-Tri Yulisetyowati yang siap maju di Pilkada Blora 2020. (Foto: Istimewa)
Blora -

Petahana Arif Rohman yang saat ini menjabat Wakil Bupati Blora akan menantang Umi Kulsum, istri Bupati Blora Djoko Nugroho di Pilkada 2020. Arif berduet dengan Tri Yuli Setyowati yang saat ini menjadi anggota DPRD Blora.

Saat dihubungi, Arif menyebut telah mengantongi rekomendasi untuk maju di Pilkada Blora.

"Rekomendasi dari PKS sudah kita peroleh, saat ini kita sedang berproses menunggu rekomendasi partai dari Hanura, Golkar dan Perindo," Kata Arif saat dihubungi detikcom, Rabu (5/8/2020).

Arif menjelaskan, meski jauh-jauh hari telah mendapatkan rekomendasi dari PKB dan PDIP, namun menurutnya untuk memenangkan Pilkada juga memerlukan dukungan dari mesin partai politik lainnya.

Diketahui, untuk sebaran kursi di DPRD Blora, PDIP memiliki 9 kursi, PKB 8 kursi, NasDem 7 kursi, Golkar 5 kursi, PPP 5 kursi, PKS 3 kursi, Demokrat 3 kursi, Hanura 2 kursi dan Perindo 1 kursi.

Partai Gerindra yang memiliki 2 kursi, menjatuhkan rekomendasi kepada pasangan Umi Kulsum-Agus Sugiyanto. Untuk mengusung calon di Pilkada 2020, syaratnya harus memiliki minimal 9 kursi.

Arif pun menghargai pilihan Gerindra tersebut. "Saya hargai pilihan partai tersebut (Gerindra). Memberikan rekomendasi ke calon sepenuhnya merupakan hak dari partai," ujarnya.

"Inilah demokrasi. Semakin banyak calon, masyarakat di beri pilihan untuk memilih calon pemimpinnya. Yang terpenting damai dan rukun," Terangnya.

Disinggung terkait netralitas ASN di Pilkada, Arif Rohman enggan berkomentar banyak. Namun dia menegaskan pengawasan merupakan kewenangan Bawaslu.

"Itu ranah tugas Bawaslu, yang jelas ASN harus netral. Dipantau saja," jelasnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2