9 Santri dari Sebuah Ponpes di Pati Kena COVID-19

Arif Syaefudin - detikNews
Selasa, 04 Agu 2020 15:05 WIB
Bupati Pati Haryanto
Foto: Bupati Pati Haryanto. (Arif Syaefudin/detikcom)
Pati -

Sebanyak sembilan orang santri dari salah satu Pondok Pesantren di Kecamatan Kajen, Pati dinyatakan positif virus Corona atau COVID-19. Kesembilan santri ini kini dikarantina di Hotel Kencana Pati.

"Jadi benar, memang setelah dilakukan tes swab, ada sembilan penghuni Ponpes yang positif COVID-19," kata Bupati Pati Haryanto, saat ditemui wartawan di kantornya, Pati, Selasa (4/8/2020).

Haryanto menyebut pihaknya berencana untuk menggelar tes swab massal di ponpes itu. Hal ini dilakukan untuk mengetahui persebaran COVID-19

"Total santri di pondok itu ada 105 orang. Kalau yang positif ada sembilan, maka sisanya tentu kami swab secara bertahap sehingga secepatnya hasil swab seluruh penghuni dapat kita ketahui," jelasnya.

Haryanto meminta agar masyarakat utamanya dari sektor pendidikan untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan. Haryanto meminta sekolah formal, madrasah, hingga Pondok Pesantren untuk tetap melaksanakan pembelajaran jarak jauh (PJJ) hingga ada kebijakan baru.

"Kami tahu anak-anak sudah bosan di rumah, orang tua pun mungkin bertambah pekerjaannya karena harus mendampingi putra-putrinya belajar secara daring. Tapi lelah dan rasa bosan itu tentu tak sebanding dengan risiko yang harus ditanggung bilamana putra putri kita terpapar COVID-19. Sabarlah sejenak, demi masa depan anak-anak," pungkasnya.

Tonton video 'WHO Sebut Tak Ada 'Peluru Perak' untuk Virus Corona':

[Gambas:Video 20detik]



(ams/sip)