Round-Up

Serba Baru di Rumah Mbah Minto 'Simbok Gagal Mudik', Kecuali Gentong-Anglo

Achmad Syauqi - detikNews
Minggu, 02 Agu 2020 08:07 WIB
Salah satu sudut teras tempat Mbah Minto biasa syuting dengan latar gentong dan anglo
Foto: Salah satu sudut teras tempat Mbah Minto biasa syuting dengan latar gentong dan anglo (Achmad Syauqi/detikcom)
Tempat tidur kayu dengan alas tikar plastik dan bantal usang yang dulu ada, kini sudah tidak ada. Kini tampak satu set sofa berbahan kayu, perabotan minimalis, karpet, rak, lemari, tempat tidur dan televisi 32 inci menempel di dinding.

Di teras rumah juga dikeramik warna krem dan ada satu kursi kayu panjang. Tumpukan kayu yang dulu terlihat di depan pintu untuk memasak, juga sudah tidak ada.

Di ujung teras keramik rumah, masih disisakan petak ukuran 1 meter untuk meletakkan gentong dan anglo. Di halaman rumah yang sekaligus gang, wadah air untuk cuci tangan tamu masih ada. Teras dan dalam rumah dibiarkan tidak diplafon.

Edi Susanto, pendamping Mbah Minto mengatakan rehab rumah murni dilakukan dan dibiayai BUMN. Pengerjaan sekitar sepekan.

"Dikerjakan sekitar seminggu. Selama direhab Mbah Minto pindah ke rumah tetangga untuk sementara tapi juga tetap membuat video content," kata Edi pada detikcom di rumahnya.

Mbah Minto beraksi lagi, kali ini kampanye jaga jarakMbah Minto dalam sebuah tayangan video parodi yang dibintanginya (tangkapan layar IG ucup_jbsklaten)

Menurut Edi selama rehab rumah tamu juga terus datang. Baik dari pemerintah maupun lembaga lain. "Terakhir itu dari rombongan kejaksaan. Tapi untuk pengambilan video tidak pernah keluar dan hanya di sini (di kampung)," imbuh Edi.

Selama rehab rumah, sambung Edi, produktivitas Mbah Minto tetap jalan bersama Sofyan alias Ucup sebagai YouTuber. Bahkan dua video content dihasilkan. "Sempat buat dua video, tapi bukan indoor dan hanya video content biasa buat akun YouTube Mas Ucup," ujar Edi.

Soal anglo di teras rumah, Edi menjelaskan anglo terbuat dari tanah liat itu sejak awal berada di teras rumah digunakan Mbah Minto masak dengan bahan kayu bakar. Alat memasak itu beberapa kali untuk latar pengambilan video sehingga tidak dihilangkan.

"Beberapa kali untuk pembuatan video. Padahal setelah rumah direhab juga ada kompor gas tapi anglo tetap di situ untuk masak ," lanjut Edi.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3