Tak Ada Garebeg Besar Tahun Ini, Keraton Yogya Bagikan Ubarampe

Pradito Rida Pertana - detikNews
Jumat, 31 Jul 2020 11:06 WIB
Suasana pembagian ubarampe gunungan berupa rengginang oleh Keraton Yogyakarta, Jumat (31/7/2020).
Foto: Suasana pembagian ubarampe gunungan berupa rengginang oleh Keraton Yogyakarta, Jumat (31/7/2020). (Pradito Rida Pertana/detikcom)

Prosesi ini dilakukan oleh Kanca Abrit dan dipimpin oleh Penghageng KHP Wahana Sarta Kriya KRT Kusumanegara. Seluruh ubarampe diinapkan selama satu malam dan selanjutnya akan didistribusikan kepada Abdi Dalem Keraton Yogyakarta, Puro Pakualaman, dan Kepatihan keesokan harinya.

Suasana pembagian ubarampe gunungan berupa rengginang oleh Keraton Yogyakarta, Jumat (31/7/2020).Suasana pembagian ubarampe gunungan berupa rengginang oleh Keraton Yogyakarta, Jumat (31/7/2020). (Pradito Rida Pertana/detikcom)

Pembagian dengan cara tersebut dilakukan karena dianggap dapat meminimalisir kerumunan. Terlebih saat ini pandemi COVID-19 masih berlangsung.

"Kegiatan ini hanya akan diikuti oleh Abdi Dalem dan kerabat dekat saja. Semua Abdi Dalem baik yang bertugas maupun yang mengikuti prosesi juga wajib menggunakan masker dan mematuhi standar protokol kesehatan dengan menggunakan masker dan saling menjaga jarak," ujarnya.

Halaman

(sip/sip)