Bupati Banjarnegara Soal PNS Bukan Pasutri di Kamar Hotel: Tak Etis!

Uje Hartono - detikNews
Sabtu, 18 Jul 2020 19:01 WIB
Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono
Foto: Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono (Uje/detikcom)
Banjarnegara -

Dua oknum PNS di Banjarnegara tertangkap basah tengah berduaan di dalam kamar hotel. Keduanya beralasan tengah melakukan konsultasi terkait pendaftaran ke perguruan tinggi.

Kedua oknum PNS ini terciduk berduaan di dalam kamar hotel pada Kamis (16/7). Kemudian, meraka diperiksa di kantor Satpol PP Banjarnegara keeesokan harinya, Jumat (17/7).

"Kalau dari pengakuannya, pasti tidak ada yang diakuin. Apalagi mereka ada jeda satu hari pulang dulu. Bisa berembug di situ," kata Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono kepada wartawan di rumah dinasnya, Sabtu (18/7/2020).

Budhi pun mengkritik kegiatan kedua PNS itu yang berduaan di kamar hotel. Dia pun menyoroti dalih oknum PNS itu di dalam kamar untuk konsultasi.

"Kalau seseorang berpasangan perempuan dan laki-laki masuk ke dalam kamar dan dikunci itu tidak beretika," terangnya.

"Kalau itu sifatnya hanya konsultasi, ya pintu kamarnya dibuka aja. Di sini banyak yang konsultasi tapi pintunya tidak tutup bahkan dikunci," cetusnya.

Budhi pun menyayangkan ulah dua oknum PNS bukan pasutri berduaan di kamar hotel itu. Apalagi, PSN pria merupakan salah satu pejabat di Pemerintah Kabupaten Banjarnegara.

"Dari hasil pemeriksaan itu (2 oknum PNS) kurang etis. Saya sebagai Bupati Banjarnegara prihatin, karena salah satunya (laki-laki) eslonnya sudah tinggi. Sekarang menduduki posisi sekretaris di salah satu dinas," ujar dia.

Nantinya, hasil pemeriksaan Satpol PP akan diserahkan ke panitia kode etik. Kemudian, panitia kode etik baru akan menyerahkan hasilnya kepada bupati.

"Setelah ini diserahkan ke panitia kode etik yang akan dipimpin oleh wakil bupati. Biar pak wakil yang memberi laporan kepada saya," tuturnya.

(ams/ams)