3 Pedagang Positif Corona, Pasar Suronegaran Purworejo Ditutup 2 Hari

Rinto Heksantoro - detikNews
Kamis, 16 Jul 2020 20:11 WIB
Poster
Ilustrasi COVID-19. Foto: Edi Wahyono
Purworejo -

Kasus positif COVID-19 di Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah bertambah 5 orang hari ini. 3 di antaranya adalah pedagang Pasar Suronegaran.

Juru Bicara Protokol COVID-19 Purworejo, Tolkha Amaruddin mengungkapkan bahwa 5 orang positif COVID-19 tersebut berasal dari Kecamatan Purworejo, Bayan dan Gebang. Dari penambahan tersebut, tercatat ada 3 orang yang merupakan pedagang di Pasar Suronegaran.

"Dari 5 yang positif, 3 orang merupakan pedagang di Pasar Suronegaran. Untuk mencegah penyebaran lebih luas, Pasar Suronegaran akan ditutup selama dua hari yaitu Sabtu dan Minggu (18-19/7) untuk dilakukan sterilisasi," kata Tolkha saat dihubungi detikcom, Kamis (16/7/2020).

"Selain itu, Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Purworejo sedang menjadwalkan tes swab di sejumlah balai desa. Bukan untuk menakuti masyarakat, tetapi untuk mengedukasi mereka," imbuhnya.

Lebih lanjut dikatakan, bahwa Gugus Tugas juga masih terus melakukan upaya untuk mencegah lonjakan positif COVID-19 dengan cara terus-menerus melakukan rapid test.

"Masih ada kuota 2.000 RDT bagi masyarakat dan ini akan kita maksimalkan," lanjutnya.

Sampai hari ini di Purworejo tercatat pasien positif COVID-19 berjumlah 90 orang. Rinciannya 13 orang melakukan isolasi mandiri, 2 dirawat dan 75 orang sembuh. Dari total swab sebanyak 709 orang, 603 di antaranya negatif dan 7 orang masih menunggu hasil.

"Kami ingatkan masyarakat untuk tetap menjalankan protokol kesehatan. Karena di masa adaptasi new habit, masyarakat cenderung mulai abai terhadap protokol kesehatan," tutupnya.

Tonton video 'Pemerintah Jelaskan Definisi Kontak Erat Terkait COVID-19':

(rih/mbr)