6 Tenaga Medis RSUD Brebes Dikarantina Gegara Pasien COVID-19 Tak Jujur

Imam Suripto - detikNews
Kamis, 16 Jul 2020 19:45 WIB
Poster
Ilustrasi COVID-19. Foto: Edi Wahyono
Brebes -

Enam orang tenaga medis di RSUD Brebes, Jawa Tengah, dikarantina menyusul adanya pasien yang tidak jujur. Enam tenaga medis itu sebelumnya menangani seorang pasien yang ternyata positif COVID-19.

Direktur RSUD Brebes, Oo Suprana membenarkan tenaga medisnya itu dikarantina. Enam tenaga medis yang dikarantina itu terdiri dari empat orang petugas IGD dan dua dari bagian HD atau cuci darah. Mereka menempati ruang khusus di RSUD Brebes selama menjalani karantina.

"Semua karyawan yang dikarantina itu adalah tenaga medis yang kontak langsung dengan pasien COVID-19 asal Banjaranyar. Jumlahnya enam orang," kata Suprana saat dihubungi, Kamis (16/7/2020).

Diwawancara terpisah, Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Brebes, Imam Budi Santoso, mengatakan untuk mengantisipasi penularan atau transmisi lokal, enam tenaga medis itu harus karantina selama 10 hari ke depan.

Dalam proses karantina, enam tenaga medis itu akan dipantau secara intensif. Ini untuk mendeteksi adanya gejala paparan virus Corona atau tidak. Kemudian, jika ada indikasi terpapar, baru akan dilakukan rapid test dan swab.

"Rapid dan tes swab baru akan dilakukan saat masa inkubasi," jelasnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2