Kasus COVID-19 di Boyolali Tambah 32, 15 di Antaranya Klaster Lamaran

Ragil Ajiyanto - detikNews
Kamis, 16 Jul 2020 19:20 WIB
Kepala Dinkes Boyolali, Ratri S Survivalina, Kamis (16/7/2020).
Kepala Dinkes Boyolali, Ratri S Survivalina, Kamis (16/7/2020). (Foto: Ragil Ajiyanto/detikcom)
Selanjutnya yakni klaster Singkil, Desa Karanggeneng, Kecamatan Boyolali ada tambahan satu kasus positif. Yang bersangkutan merupakan kontak erat dari pasien COVID-19 inisial CS.

"Sedangkan 8 kasus lainnya, kami mendapatkan notifikasi karena yang bersangkutan ini sudah dirawat di rumah sakit di luar Kabupaten Boyolali. Saat dilaksanakan pemeriksaan ternyata hasil swab-nya positif," kata Lina lagi.

Menurut dia, ada 4 rumah sakit yang memberikan notifikasi positif. Yaitu, dari rumah sakit Kasih Ibu, Solo sejumlah 3 orang, rumah sakit UNS ada 2 orang, rumah sakit Bung Karno ada 1 orang dan kemudian dari RSUD dr Moewardi Solo, sebanyak 2 orang.

Dengan demikian, total jumlah kasus positif COVID-19 di Boyolali sampai hari ini sebanyak 119 orang. Rinciannya, 58 orang sudah dinyatakan sembuh, 58 orang dalam perawatan dan 3 orang meninggal dunia.

Lebih lanjut, Lina mengimbau masyarakat tetap melaksanakan protokol kesehatan dan menghindari kegiatan-kegiatan yang mengumpulkan banyak orang.

"Misalnya kegiatan hajatan, sunatan atau kegiatan-kegiatan lain yang bisa mengakibatkan kerumunan. Karena ternyata banyak di antara anggota masyarakat ini sudah menjadi orang tanpa gejala yang punya potensi untuk menularkan kepada orang lain," imbau dia.

Halaman

(rih/mbr)