Ponpes Peninggalan Mbah Moen Disebut Jadi Klaster Corona, Bupati Membantah

Arif Syaefudin - detikNews
Selasa, 14 Jul 2020 23:25 WIB
Bupati Rembang Abdul Hafidz, Selasa (14/7/2020).
Bupati Rembang Abdul Hafidz, Selasa (14/7/2020). (Foto: Arif Syaefudin/detikcom)

Masduki mengatakan, pesantren yang menjadi klaster tersebar di berbagai daerah. Termasuk di Pesantren yang diasuh Ketua DPRD Rembang, KH Majid Kamil MZ atau Gus Kamil yang meninggal karena virus Corona.

Ponpes Al-Anwar Sarang, Rembang adalah pondok peninggalan almarhum KH Maimoen Zubair. Setelah Mbah Moen wafat, ponpes tersebut kemudian diasuh oleh putra-putranya, termasuk salah satunya adalah KH Majid Kamil yang meninggal dunia Minggu (12/7) lalu karena terinfeksi virus Corona.

"Pesantren yang sudah jadi klaster baru. Satu kayak Gontor, lalu ke dua pesantren, beberapa tempat, sudah ada kira-kira enam pesantren termasuk di tempat Gus Kamil, Ketua DPRD jadi salah seorang pimpinan pesantren di Sarang, Rembang. (klaster) ada di Magetan, di pesantren Tangerang," ucapnya.

Menurut Masduki, harus ada tindakan penanganan dilakukan oleh pesantren yang menemukan kasus positif COVID.

"Terhadap pesantren yang sudah masuk (pembelajaran) kemudian ada terpapar, harus dilakukan langkah karantina terhadap yang sudah positif, yang lain harus dilakukan tes, kan seperti itu," ujarnya.

Sementara itu, malam ini, DPC PPP Rembang menggelar pembacaan yasin dan tahlil untuk memperingati 3 hari wafatnya Ketua DPC PPP Rembang, Majid Kamil MZ atau Gus Kamil.

Pengurus DPC PPP Rembang gelar tahlil wafatnya Gus Kamil, Selasa (14/7/2020).Pengurus DPC PPP Rembang gelar tahlil wafatnya Gus Kamil, Selasa (14/7/2020). Foto: Arif Syaefudin/detikcom

Kegiatan tahlil digelar di kantor DPC PPP Rembang. Hadir dalam kegiatan tersebut para pengurus harian DPC PPP, termasuk Bupati Rembang Abdul Hafidz yang menjabat sebagai Sekretaris DPC PPP Rembang.

"Kegiatan ini kami selenggarakan untuk mengenang beliau, Gus Kamil, pembacaan yasin dan tahlil dengan jumlah orang terbatas. Kami sangat kehilangan beliau (Gus Kamil)," ucap Abdul Hafidz kepada detikcom.

Halaman

(rih/mbr)