Pasar Harjodaksino Tutup, Pedagang Jualan di Tepi Jalan Solo-Sukoharjo

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Selasa, 14 Jul 2020 10:09 WIB
Pedagang jualan di tepi Jalan Solo-Sukoharjo karena pasar ditutup, 14/7/2020
Pedagang jualan di tepi Jalan Solo-Sukoharjo karena pasar ditutup. (Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom)
Sukoharjo -

Pasar Harjodaksino Solo ditutup sementara mulai hari ini karena satu pedagangnya meninggal akibat COVID-19. Tak boleh berjualan, para pedagang justru memindah lapak ke tepi Jalan Ir Soekarno, perbatasan Solo-Sukoharjo.

Pantauan detikcom, Selasa (14/7/2020) pagi, terlihat ada sekitar para pedagang di kawasan Tanjunganom, Grogol, Sukoharjo, tepatnya di timur jalan. Mereka berjualan sayuran, buah hingga daging.

Beberapa pedagang berjualan menggunakan sepeda motor, ada yang menggunakan meja, mobil bak terbuka, hingga ada yang menggunakan alas kain. Beberapa orang pun terlihat membeli dagangan mereka.

Namun petugas Satpol PP Sukoharjo kemudian mendatangi lokasi. Para pedagang langsung dibubarkan karena dinilai mengganggu ketertiban.

Kasi Ops Satpol PP Sukoharjo, Karyono, membenarkan bahwa mereka para pedagang terdampak penutupan Pasar Harjodaksino. Satpol PP mendapatkan laporan masyarakat terkait kemunculan mereka.

"Tadi 07.30 WIB dapat laporan masyarakat. Baru pagi ini mereka tiba-tiba jualan di sini," kata Kartoyo di sela penertiban.

Pedagang jualan di tepi Jalan Solo-Sukoharjo karena pasar ditutup, 14/7/2020Pedagang jualan di tepi Jalan Solo-Sukoharjo karena pasar ditutup (Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom)

Menurutnya, lokasi tersebut bukanlah tempat untuk berjualan. Terlebih mereka berjualan di depan sekolah. "Ini depan sekolah, tidak boleh buat jualan. Kalau dibiarkan nanti lama-lama jadi pasar," katanya.

Seperti diberitakan, seorang pedagang Pasar Harjodaksino meninggal karena COVID-19. Akibatnya, pasar mulai ditutup hari ini hingga tujuh hari ke depan.

Tonton video 'Ada Pedagang Positif Covid-19 Wafat, Pasar Harjodaksino Solo Tutup':

(bai/mbr)