Gugus Tugas: Kudus Zona Merah Corona

Dian Utoro Aji - detikNews
Minggu, 12 Jul 2020 20:22 WIB
Poster
Ilustrasi kasus virus Corona. Foto: Edi Wahyono
Kudus -

Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) COVID-19 Kabupaten Kudus, Jawa Tengah menyampaikan kondisi Kota Kretek sekarang masuk dalam kategori zona merah. Hal ini sesuai dengan peta risiko Gugus Tugas Nasional.

"Sesuai dengan peta risiko Gugus Tugas Nasional, per 5 Juli 2020, (Kudus) zona merah. Penilaian ini dievaluasi mingguan," kata Juru Bicara GTPP COVID-19 Kabupaten Kudus, Andini Aridewi, dalam keterangan kepada wartawan, Minggu (12/7/2020).

Andini menjelaskan bahwa kondisi angka kasus Corona di Kudus mengalami peningkatan. Namun menurutnya kenaikan angka kasus bukan karena adanya klaster. Kenaikan kasus itu karena adanya transmisi lokal atau penularan secara lokal.

"Belum ada bukti cluster. Justru kita harus waspada kalau sifatnya sporadis, yang artinya banyak OTG (orang tanpa gejala) di masyarakat. Transmisi lokal," ujar Andini.

Per hari Minggu ini, terdapat 28 kasus positif baru. Tujuh kasus berasal dari dalam wilayah Kudus dan 21 berasal dari luar daerah yang dirawat di Kudus.

"Terdapat empat kasus yang dinyatakan meninggal dunia. Satu kasus berasal dari dalam wilayah Kudus dan tiga orang berasal dari luar wilayah (orang luar daerah dirawat di Kudus)," jelasnya.

"Ada 16 kasus yang dinyatakan sembuh. 10 kasus berasal dari dalam wilayah Kudus dan enam kasus berasal dari dalam wilayah yang dirawat di Kudus," sambung Andini.

Dengan demikian, kasus positif Corona atau COVID-19 di Kudus totalnya ada 402 kasus. Sebanyak 283 kasus dari dalam Kudus dan ada 119 kasus dari luar wilayah yang dirawat di Kudus.

Dari 283 kasus dalam wilayah tersebut 51 kasus dirawat, 87 kasus isolasi, sembuh 114 kasus dan meninggal 31 kasus. Untuk kasus luar wilayah yang dirawat di Kudus dari 119 kasus terdapat 14 kasus dirawat , 53 kasus isolasi, 1 kasus dirujuk, 39 kasus sembuh dan 12 kasus meninggal.

(rih/rih)