Dibuatkan Rumah Warga, Mbah Tarso Terharu Tak Lagi Tinggal di Gubuk Karung

Arbi Anugrah - detikNews
Sabtu, 11 Jul 2020 14:32 WIB
Mbah Tarso yang tinggal di gubuk karung di Banyumas dibuatkan rumah oleh warga
Mbah Tarso di depan gubuk tempat tinggalnya. (Foto: Arbi Anugrah/detikcom)
Banyumas -

Warga dan relawan melakukan penggalangan dana untuk membuatkan rumah bagi Mbah Tarso dan istri yang selama ini tinggal di gubuk berbahan karung di Purwokerto, Banyumas. Sesekali terlihat genangan air mata haru Mbah Tarso melihat ketulusan warga.

Pembangunan rumah semi permanen untuk Mbah Tarso mulai dilakukan. Rumah di Kelurahan Kedungwuluh, Kecamatan Purwokerto Barat tersebut nantinya hanya untuk sementara sebelum mendapatkan tanah untuk tempat tinggal Mbah Tarso selamanya.

"Sementara kita buat kan rumah dulu di sini semi permanen dan nanti syukur belum satu tahun sudah dapat tanah lagi, nanti bisa kita pindahkan kesana," kata Muvik, Ketua Forum Lintas Komunitas Kabupaten Banyumas saat berbincang dengan detikcom, Sabtu (11/7/2020).

Tonton juga 'Kisah Nenek di Maros, Hidup di Gubuk Reyot Sebatang kara':

[Gambas:Video 20detik]

Hal tersebut dilakukan karena tanah yang saat ini ditinggali oleh Mbah Tarso merupakan milik orang lain. "Sudah koordinasi dengan pemilik tanah, penggalangan dana ini sisa, (ke depannya) kita akan carikan tanah juga. Kita bareng-bareng untuk belikan tanah," ucapnya.

Rencananya, rumah semi permanen berukuran 3,5 x 4,5 meter sebagai rumah inti dan ditambah dapur yang berukuran 1,5 x 3,5 meter ditargetkan selesai pada Minggu (12/7) besok.

Selanjutnya: Respons Mbah Tarso...

Selanjutnya
Halaman
1 2