Ganjar Perintahkan Pemberlakuan PKM di Semarang Raya, Ini Ketentuannya

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Jumat, 10 Jul 2020 15:31 WIB
Ganjar Pranowo di Kudus, 1/7/2020
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo (Foto: Dian Utoro Aji/detikcom)
Semarang -

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengeluarkan surat terkait pengendalian virus Corona atau COVID-19. Surat itu mewajibkan wilayah Semarang Raya atau eks Karesidenan Semarang untuk melaksanakan pembatasan kegiatan masyarakat (PKM).

"Surat perintah," jawab Ganjar saat ditanya terkait aturan PKM di Semarang Raya itu, di kantornya, Semarang, Jumat (10/7/2020).

Surat tersebut bernomor 443.5/0009625 dengan perihal Pengendalian Pandemi COVID-19 dan Percepatan Penanganan Kelompok Rentan di Kabupaten/Kota. Ada empat poin dalam surat tersebut yaitu pertama Kabupaten/Kota diminta mendata kelompok rentan dengan penyakit penyerta.

Kedua melakukan pelacakan secara terstruktur, sistematik, dan masif terhadap kelompok rentan tersebut. Kemudian ketiga peningkatan koordinasi untuk menekan angka kematian pasien yang dirawat di rumah sakit.

Keempat yaitu khusus untuk kepala daerah di Kota Semarang, Kabupaten Semarang, Salatiga, Demak, Kendal, Grobogan juga diminta melakukan PKM berbasis Desa/Kelurahan/RW/RT. Daerah-daerah tersebut juga diminta tidak melakukan atau mengizinkan kegiatan yang menghadirkan kerumunan massa.

Tonton video 'Ganjar Paparkan 3 Zona Merah Covid-19 di Jateng ke Jokowi':

Selanjutnya
Halaman
1 2