Polisi yang Viral Ambil Bendera RI di Selokan Ternyata Juga Seniman Jathilan

Eko Susanto - detikNews
Selasa, 07 Jul 2020 19:41 WIB
Brigadir Nanang Agus Rianto yang viral karena mengambil bendera Merah Putih di selokan, Selasa (7/7/2020).
Foto: Brigadir Nanang Agus Rianto yang viral karena mengambil bendera Merah Putih di selokan, Selasa (7/7/2020). (Eko Susanto/detikcom)
Magelang -

Polisi yang viral di media sosial karena mengambil Bendera Merah Putih di Jawa Tengah, Brigadir Polisi Nanang Agus Rianto ternyata juga aktif sebagai seniman. Ia aktif dalam kelompok kesenian dan menjadi salah satu ketua.

Saat ditemui di rumahnya Dusun Tubansari, Desa Margoyoso, Kecamatan Salaman, Kabupaten Magelang, tampak ada beberapa koleksi topeng di dinding rumahnya. Ia mengaku membeli sendiri puluhan topeng dan seragam kesenian.

Kesukaannya pada kesenian tradisional sudah dimulai sejak masih duduk di bangku SD. Waktu itu, dia sering ikut pentas jathilan dan sekarang menjadi salah satu ketua kesenian Kalamakara Gedrox.

"Kesenian jathilan, ini sudah mulai kecil turunan dari bapak. Jadi dulu namanya di kampung banyak kesenian. Waktu dari SD, pertama Cakar Lele, jathilan, terus jathilan kreasi, sekarang di gedrox," ujar Nanang saat ditemui di rumahnya, Selasa (7/7/2020).

Ia mengaku sengaja mengumpulkan anak-anak muda di kampungnya. Mereka dikumpulkan untuk diberikan arahan agar tidak nakal. Sehingga Kamtibmas tetap berjalan sembari melestarikan seni tradisi.

Selanjutnya
Halaman
1 2