Niti Wanita yang Hidup di Kandang Bebek Mulai Terima Bantuan

Imam Suripto - detikNews
Selasa, 07 Jul 2020 18:40 WIB
Niti (52) wanita yang tinggal di kandang bebek, Brebes, Selasa (7/7/2020).
Foto: Niti (52) wanita yang tinggal di kandang bebek, Brebes, Selasa (7/7/2020). (Imam Suripto/detikcom)

Diwawancara terpisah, Kabid Perumahan Dinas Perwaskim Muhamad Taulani, mengatakan bahwa Niti bisa mendapatkan bantuan program bedah rumah tapi ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Salah satunya adalah memiliki tanah pribadi.

"Niti ini kan numpang dan tidak memiliki tanah atas namanya. Untuk mendapatkan bedah rumah tidak memenuhi syarat. Tapi saya janji akan membantu melalui dana Baznas buat rehab kandang menjadi kamar yang layak," beber Muhamad Taulani.

Selain Pemkab, bantuan juga datang dari pihak swasta. Pengusaha asal Brebes, Paramitha Widya Kusuma juga memberikan bantuan sembako untuk keperluan makan sehari-hari.

Diberitakan sebelumnya, Niti sudah bertahun-tahun hidup di dalam kandang unggas. Wanita ini juga mengidap penyakit di bagian perut hingga membesar layaknya orang hamil tua dan sulit bergerak.

Kandang unggas berupa bebek, ayam dan angsa yang ditinggali Niti berada di samping rumah saudaranya. Tempat tidur Niti berada dalam kandang berukuran 5x3 meter. Di dalam kandang ini, terdapat sebuah dipan kayu yang dijadikan tempat tinggal sehari-hari.

Di atas dipan, tergantung sebuah ceting untuk menyimpan makanan dan lauknya. Niti sengaja menyimpan makanannya dengan cara digantung agar tidak dimakan unggas.

Karena berada dalam kandang, tidak mengherankan dipan Niti ini banyak ditemukan kotoran unggas. Selain itu, aroma kotoran ini juga membuat tidak nyaman.

Halaman

(sip/rih)