Kata Psikolog tentang Keluarga yang Beri Nama Unik Seperti Dita Leni Ravia

Jauh Hari Wawan S - detikNews
Selasa, 07 Jul 2020 17:56 WIB
Dita Leni Ravia, Gunungkidul.
Foto: Dita Leni Ravia. (Dok pribadi)

Perempuan yang kerap disapa Leni (17) ini membenarkan jika nama lengkapnya adalah Dita Leni Ravia. Menurutnya, nama tersebut pemberian dari ibunya.

"Iya (betul kalau nama saya Dita Leni Ravia), yang beri nama itu ibu saya," katanya kepada detikcom, pagi tadi.

Siswi kelas 12 SMK I Saptosari ini juga tidak menyangka jika namanya itu menjadi viral di salah satu akun media sosial Instagram.

Menyoal makna nama tersebut, anak pertama dari pasangan Suro (45) dan Emy (39) ini mengaku tidak tahu pasti. Namun, dia mensyukuri pemberian nama tersebut.

"Kalau kata orang tua biar unik. Terus kan gampang diingat orang kalau namanya itu (Dita Leni Ravia)," ucapnya.

Ibunda Dita Leni Ravia, Emy (39), menjelaskan nama Dita Leni atau dalam bahasa Jawa 'ditaleni' dan dalam bahasa Indonesia 'diikat' memiliki makna khusus. Makna tersebut lebih pada pengingat agar anaknya selalu dekat dengan orang tua.

"Orang Jawa itu kan kalau ditaleni itu diikat, gitu. Diikat sama rafia kan ini anak saya perempuan, jadi biar tidak ke mana-mana gitu, ya artinya begitu. Artinya ya anak perempuan diikat, biar tidak ke mana-mana," kata Emy kepada detikcom, hari ini.

Emy menyebutkan awalnya memiliki keinginan, jika anak pertamanya lahir, akan diberi nama Dita. Sedangkan tambahan Leni Ravia muncul karena spontanitas dirinya dan suami, yakni Suro (45).

"Iya dulu itu kan, kalau anak pertamanya perempuan, mau saya kasih nama Dita, gitu. Tapi kepanjangannya (nama panjangnya) masih mikir-mikir. Terus punya inspirasi itu saya dan bapaknya apa ya, Dita... Dita... Ditaleni apa? Terus, biar unik saja, saya kasih nama Dita Leni Ravia itu," paparnya.

Secara detail, ibu dua anak ini menjelaskan bahwa Dita Leni Ravia lahir setelah berada di kandungan selama 9 bulan. Selain itu, proses persalinannya sendiri secara normal dengan berat badan 3,5 kilogram, sehingga tidak ada hal aneh yang membuatnya menamai Dita Leni Ravia.

Terkait dengan inspirasi menggunakan nama 'ravia' atau tali rafia, Emy mengaku karena sehari-hari dia kerap melihat tali rafia. Sebab, kehidupan di desa banyak menemui tali rafia.

"Ya kalau orang Jawa bisa mengartikan unik. Kalau tidak bisa mengartikan, ya sama saja," imbuh Emy.

Halaman

(rih/sip)