Diikuti 15.307 Peserta, Begini Penerapan Protokol Kesehatan UTBK di UGM

Jauh Hari Wawan S - detikNews
Minggu, 05 Jul 2020 16:35 WIB
Suasana UTBK hari pertama di UGM, Minggu (5/7/2020)
Foto: Suasana UTBK hari pertama di UGM (dok. Humas UGM)
Yogyakarta -

Universitas Gadjah Mada (UGM) mencatat ada 15.307 peserta yang mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) hari ini di kampusnya. Ujian dilaksanakan dalam dua sesi dan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

"Semua dilakukan dengan pengawalan Satgas COVID-19 UGM sesuai protokol kesehatan. Untuk tahun ini total ada 15.307 peserta yang ikut UTBK," kata Wakil Rektor Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Kemahasiswaan Djagal Wiseso Marseno, dalam keterangan tertulis, Minggu (5/7/2020).

Djagal menjelaskan di tengah pandemi Corona ini UGM menerapkan standar dan protokol kesehatan bagi peserta UTBK. Selain dicek suhunya ketika akan memasuki ruang UTBK, para peserta juga harus membawa surat keterangan sehat dari dokter yang memiliki surai izin praktik (SIP) atau dari fasilitas layanan kesehatan.

"Pelaksanaan UTBK di UGM sangat ketat dan dirancang agar tidak menimbulkan kerumunan, jaga jarak, dan menggunakan masker," tegasnya.

Selain itu, ada pembatasan jumlah peserta tiap sesi. Hal itu dimaksudkan agar tidak menimbulkan kerumunan.

"Peserta setiap sesi sekitar 870 orang dan tersebar dalam 14 lokasi dalam 52 ruang sehingga tiap lokasi hanya akan melayani rata rata sekitar 70 orang," jelasnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2