Tak Bawa Surat Rapid Test, Peserta Asal Ngawi Batal UTBK di UNS

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Minggu, 05 Jul 2020 14:21 WIB
Suasana UTBK hari pertama di UNS Solo
Foto: Suasana UTBK hari pertama di UNS Solo (Bayu Ardi/detikcom)
Solo -

Seorang peserta Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) SBMPTN di Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo tidak diperbolehkan mengikuti tes. Penyebabnya, peserta tersebut tidak membawa surat keterangan hasil rapid test virus Corona atau COVID-19.

Surat keterangan rapid test menjadi syarat wajib bagi peserta yang berasal dari luar eks-Karesidenan Surakarta. Adapun peserta tersebut berasal dari Kabupaten Ngawi, Jawa Timur.

"Tadi saat saya keliling, ada satu orang dari Ngawi terpaksa tidak boleh ikut tes. Sebab dia tidak membawa surat keterangan hasil rapid test," kata Rektor UNS, Jamal Wiwoho usai meninjau pelaksanaan UTBK di kampusnya, Minggu (5/7/2020).

Namun, bukan berarti peserta tersebut dianggap gugur. Dia diperbolehkan mengikuti UTBK pada gelombang kedua dengen melengkapi syarat tersebut.

"Peserta tidak bisa mengikuti ujian pada gelombang satu, yakni tanggal 5-14 Juli, bisa ikut gelombang dua pada 20-29 Juli 2020. Apabila tidak bisa ikut keduanya karena force majeur, bisa ikut gelombang cadangan pada 30 Juli-2 Agustus," jelas dia.

Tonton video 'Peserta UTBK Bersuhu 37,5 Derajat Lebih Harus Tes PCR Mandiri':

Selanjutnya
Halaman
1 2