Sapi Jumbo 1,2 Ton di Boyolali Ini Ditawarkan Rp 80 Juta, Minat?

Ragil Ajiyanto - detikNews
Jumat, 03 Jul 2020 16:55 WIB
Penampakan sapi jumbo seberat 1,2 ton di Boyolali
Foto: Penampakan sapi jumbo seberat 1,2 ton di Boyolali. (Ragil/detikcom)
Boyolali -

Menjelang Hari Raya Idul Adha, kebutuhan sapi potong untuk hewan kurban meningkat. Di Boyolali ada seekor sapi berbobot sekitar 1,2 ton dan oleh pemiliknya ditawarkan Rp 80 juta. Berminat?

"Bobotnya kurang lebih satu ton dua kuintal," kata pemilik sapi, Suparno (60) saat ditemui di rumahnya Dukuh Semaran, Desa Jurug, Kecamatan Mojosongo, Boyolali, Jumat (3/7/2020).

Sapi jenis metal itu kini telah berumur sekitar lima tahun. Suparno telah memelihara sapi tersebut sekitar tiga tahun.

"Dulu saya beli Rp 27 juta, belinya sudah umur sekitar 2 tahun," jelas pria yang sehari-hari bertani ini.

Suparno mengaku memang ingin memelihara sapi berukuran besar. Dia pun telaten memberi sapinya itu makanan bernutrisi, hingga sekarang menjadi salah satu sapi yang berukuran jumbo.

"Rahasianya, yang penting makanannya yang bernutrisi, seperti singkong, sentrat, bekatul," tutur Suparno sembari mengelus-elus sapi jumbo itu.

Suparno menyebut kebutuhan pakan seekor sapi metal miliknya itu menghabiskan biaya Rp 60 ribu per hari. Biaya tersebut tidak termasuk rumput, karena rumput diambil dari lahan pertaniannya sendiri.

Dia merinci uang sebesar Rp 60 ribu itu digunakan untuk membeli konsentrat, bekatul, dan singkong sebagai campuran pakan. Tak hanya itu, komboran (pakan basah) untuk sapinya dia berikan sehari dua kali sehingga sapinya bisa sebesar sekarang.

Selanjutnya
Halaman
1 2