Bungkusan Kain Kafan Berisi Mantra di Makam Kudus, Plt Bupati: Itu Main-main

Dian Utoro Aji - detikNews
Rabu, 01 Jul 2020 16:08 WIB
Plt Bupati Kudus HM Hartopo di Pendopo Kabupaten Kudus, Selasa (30/6/2020)
Foto: Plt Bupati Kudus HM Hartopo (Dian Utoro Aji/detikcom).
Kudus -

Penemuan sembilan bungkusan kain kafan misterius berisi bangkai ayam hingga foto cewek di makam bikin geger warga Kudus. Plt Bupati Kudus HM Hartopo berharap benda-benda itu hanya digunakan main-main.

"Itu mudah-mudahan tidak (ada unsur guna-guna atau santet), dan sebatas main-main (orang iseng) saja," kata Hartopo saat ditemui di sela-sela kegiatan mendampingi Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di Perusahaan Nojorono, Kudus, Rabu (1/7/2020).

Hartopo mengatakan biasanya ada semacam bungkusan berisi bangkai ayam, jarum dan foto perempuan digunakan untuk meneror atau menakuti seseorang. Dia pun mengakui hingga kini masih ada orang yang percaya dengan hal tersebut.

"Itu kan karena bentuk teror bisa, untuk menakut-nakuti orang juga bisa. Mungkin bentuk caranya semacam, bentuk kepercayaan, ini ada (ilmu) hitam ada. Mungkin dari gurunya, mungkin murid supaya pengen bisa kuat kaya dengan kondisi seperti itu salah satu syarat," terang Hartopo.

Bungkusan kain kafan berisi bangkai ayam, mantra, hingga foto cewek yang terkubur di makam Desa Bakalan Krapyak, Kudus itu ditemukan pada Kamis (18/6) malam. Ada sembilan bungkusan kain kafan yang ditemukan terkubur di makam desa tersebut.

Tonton video 'Tentang 3 Makam di Jalanan Gang Jakarta Timur':

Selanjutnya
Halaman
1 2