Hiiiy, Bengawan Solo di Blora Keruh dan Berbuih

Febrian Chandra - detikNews
Selasa, 30 Jun 2020 16:03 WIB
Sungai Bengawan Solo di Blora diduga tercemar
Foto: Bengawan Solo di Blora diduga tercemar (Febrian/detikcom)

Dewi menuturkan pihaknya sudah berkoordinasi dengan Perusahaan Air Minum Daerah (PDAM) Blora tentang dugaan pencemaran ini. Sebab, air baku yang didistribusikan kepada pelanggan, berasal dari Bengawan Solo.

Sungai Bengawan Solo di Blora diduga tercemarSungai Bengawan Solo di Blora diduga tercemar. (Febrian/detikcom)

"Katanya air masih bisa diolah," katanya.

Diwawancara terpisah, Direktur PDAM Blora Yan Ria Pramono mengaku sudah mengetahui pencemaran Bengawan Solo sejak tiga hari yang lalu. Namun menurutnya air baku Bengawan Solo masih bagus.

"Hari Sabtu (27/6) malam sampai Senin (29/6) sudah turun polutan. Untuk hari ini, air baku Bengawan Solo masih bagus. Polutan di Kracaan kemungkinan nyampai di instalasi pengolahan PDAM nanti malam," ujarnya.

Pihaknya pun sudah menyiapkan bahan untuk memfilter air yang tercemar tersebut. "Mudah-mudahan kita bisa atasi," harapnya.

Yan Ria pun memastikan pelayanan distribusi air ke warga Kecamatan Cepu dan Sambong tetap berjalan. Dia juga mengakui air yang didistribusikan ke rumah-rumah warga memang sedikit keruh.

"Sementara ini kita tetap layani, sistem pengolahan dan penyaringan air kami masih mengatasi dan layak untuk didistribusikan. Memang kami akui, air yang sampai ke rumah warga warnanya agak coklat. Tapi kami pastikan aman," jelasnya.

Halaman

(ams/sip)