Penyelundupan 4,4 Juta Batang Rokok Ilegal di Jateng Digagalkan

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Senin, 29 Jun 2020 17:56 WIB
Penyelundupan 4,4 juta batang rokok ilegal dari Jawa ke Sumatera digagalkan, Senin (29/6/2020).
Foto: Penyelundupan 4,4 juta batang rokok ilegal dari Jawa ke Sumatera digagalkan, Senin (29/6/2020). (Dok Bea Cukai Jateng-DIY)
Semarang -

Upaya penyelundupan rokok ilegal dari Jawa ke Sumatera digagalkan. Kali ini dari dua kali penindakan diamankan 4,47 juta batang rokok ilegal senilai Rp 4,5 miliar dengan potensi kerugian negara mencapai Rp 2,65 miliar.

"Setelah melakukan pemantauan sekian lama, tim akhirnya berhasil menghentikan truk tersebut di Jalan Raya Kaligawe, Genuk, Semarang, pada pukul 01.15 WIB (Sabtu, 27/6)," kata Kepala Bidang Penindakan dan Penyidikan Kanwil Bea Cukai Jateng-DIY, Moch Arif Setijo Nugroho dalam keterangannya kepada wartawan, Senin (29/6/2020).

Arif menjelaskan penangkapan ini setelah pihaknya menerima informasi intelijen tentang adanya pengiriman rokok diduga illegal dari Jepara menuju Pekanbaru menggunakan sebuah truk.

Arif mengungkap truk berisi rokok ilegal itu dikemudikan oleh sopir berinisial AM dan kernet berinisial HS. Mereka mengaku dari Sumatera dan baru bongkar muatan besi di Jakarta sebelum akhirnya ke Jepara karena mendapat order. Saat diperiksa petugas, mereka menunjukkan surat jalan membawa paket buku sekolah.

"Namun setelah diperiksa, di balik muatan buku terdapat 97 koli rokok dengan merek PASTIPAS BOLD yang tidak dilekati pita cukai. Totalnya ada 1,16 juta batang, nilainya mencapai Rp 1,18 miliar, dan potensi kerugian negara yang diselamatkan sebesar Rp 690 juta," jelasnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2