Toko Oleh-oleh Haji di Semarang Putar Otak Imbas Sepi Pembeli

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Kamis, 04 Jun 2020 21:34 WIB
Toko oleh-oleh haji di Semarang, Kamis (4/6/2020).
Toko oleh-oleh haji di Semarang, Kamis (4/6/2020). (Foto: Angling Adhitya Purbaya/detikcom)
Semarang -

Toko oleh-oleh haji di kawasan Kauman, Semarang terdampak atas kebijakan pembatalan umroh dan haji karena pandemi virus Corona (COVID-19). Omzet para pedagang pun menurun drastis.

Salah satunya Toko Sakura yang ada di depan Masjid Agung, Semarang. Meski sepi, toko tersebut tetap buka karena setidaknya masih ada yang membeli kurma atau kacang Arab walau jumlahnya anjlok dari biasanya.

Salah satu pegawai Toko Sakura, Neny Silviana mengatakan para pelanggan biasanya tidak hanya dari Semarang namun juga daerah sekitarnya seperti Demak, Grobogan dan Kendal.

"Terasa sekali dampaknya. Ini menurun drastis, walaupun memang masih ada yang beli, perorangan. Ini kurma soalnya sekarang tidak hanya buat oleh-oleh tapi makanan kesehatan jadi masih ada yang beli," kata Neny saat ditemui detikcom, Kamis (4/6/2020).

Pelanggan biasanya ramai tidak hanya saat musim haji saja. Namun juga ketika banyak yang berangkat umroh. Banyak yang membeli paket oleh-oleh. Ada yang sepaket berisi makanan ringan khas, air zamzam, dan tasbih, serta paket lainnya yang harganya bisa disesuaikan.

"Biasanya bisa berkilo-kilo (kacang-kacangan) per hari, sekarang tidak," ujarnya.

selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2