6 Daerah di Jateng Terendam Banjir Rob, Terparah di Demak

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Kamis, 04 Jun 2020 18:11 WIB
Banjir rob menggenangi pesisir pantai utara Brebes, Rabu (3/6/2020).
Ilustrasi banjir rob menggenangi pesisir pantai utara Brebes, Rabu (3/6/2020). (Imam Suripto/detikcom)
Semarang -

BPBD Jawa Tengah (Jateng) melaporkan ada enam daerah di wilayah Jateng mengalami banjir rob dengan ketinggian mencapai 60 cm. Wilayah paling terdampak banjir rob adalah Demak dengan sembilan desa terendam.

Dalam keterangan tertulisnya, Plt Kepala BPBD Jawa Tengah Sarwa Pramana mengatakan enam daerah terdampak banjir rob itu adalah Kota Pekalongan, Kabupaten Tegal, Kabupaten Batang, Kabupaten Pekalongan, Kabupaten Demak, dan Kabupaten Brebes. Dari data Kamis (4/6), per pukul 16.25 WIB, ketinggian banjir di Demak 20-60 cm, tapi belum dilaporkan ada pengungsi.

Dari data BPBD Jateng, ada 30 pengungsi warga Kota Pekalongan yang ditampung di parkiran Rusunawa Slamaran dan 81 orang di Musala Al-Aqsa Slamaran. Sementara itu, pengungsi di Kabupaten Tegal yang ditampung di Masjid Al-Ikhlas, Kelurahan Damyak, sebanyak 50 orang.

Di Kabupaten Pekalongan tercatat ada 123 pengungsi di Desa Semut. Sedangkan di Kabupaten Batang sempat tercatat ada pengungsi tapi sudah pulang.

Sarwa menuturkan pihaknya telah mengirimkan bantuan berupa karung untuk menanggulangi rob di Kota Pekalongan dan Kabupaten Pekalongan. Paket bantuan sembako juga sudah mulai dikirimkan.

"Betul, (karung) kosong dipakai untuk penguatan tanggul diisi tanah atau pasir. (Untuk) Kota Pekalongan tambah 2.000 karung dan Kabupaten Pekalongan 2.000 karung," kata Sarwa, Kamis (4/6/2020).

selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2