Viral Sosialisasi Tunda Hamil Saat Pandemi di Semarang, Ini Kata Dinkes

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Rabu, 27 Mei 2020 19:50 WIB
Viral sosialisasi ibu-ibu diminta tunda hamil dulu saat pandemi Corona di Kota Semarang, Rabu (27/5/2020).
Viral sosialisasi ibu-ibu diminta tunda hamil dulu saat pandemi Corona di Kota Semarang, Rabu (27/5/2020). (Foto: Tangkapan layar video di media sosial)

Hakam mengakui bahasa yang digunakan oleh petugas tersebut apa adanya. Hal itu menjadi bahan koreksi karena maksud dari sosialisasi tersebut adalah memberikan edukasi.

"Kami akui, bahasa sosialisasi petugas kami terlalu apa adanya. Ya hal tersebut menjadi koreksi kami ke depan dalam melakukan sosialisasi. Tapi pada dasarnya tidak ada maksud apapun selain untuk memberikan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat," jelas Hakam.

"Kami mohon maaf mungkin ada yang kurang nyaman dengan viralnya berita tersebut," imbuhnya.

Hakam juga meminta masyarakat tidak perlu khawatir terutama bagi ibu yang saat ini sedang mengandung. Meski belum ada penjelasan terkait janin tertular Corona dari ibunya, ia tetap meminta masyarakat selalu melakukan pencegahan dengan pola hidup sehat.

"Masyarakat tidak perlu cemas, terutama untuk ibu yang sedang mengandung. Sampai saat ini belum ada bukti janin yang ada di dalam kandungan bisa tertular dari ibu yang positif COVID-19. Namun upaya pencegahan tetap dilakukan. Terus lakukan upaya pencegahan dengan menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat. Gunakan masker saat terpaksa keluar rumah dan tetap jaga jarak aman," ujarnya.

Halaman

(rih/ams)