H+1 Lebaran, Begini Kondisi Arus Penumpang di Stasiun Yogya

Pradito Rida Pertana - detikNews
Senin, 25 Mei 2020 15:11 WIB
Stasiun Tugu Yogyakarta dibuka kembali
Stasiun Tugu Yogyakarta. (Foto: Pradita Rida Pertana/detikcom)
Yogyakarta -

Beroperasinya Kereta Api Luar Biasa (KLB) tidak berdampak pada mobilitas di Stasiun Tugu Yogyakarta. PT KAI Daop 6 Yogyakarta menyebut kondisi di stasiun masih sepi penumpang.

"Untuk kondisi di stasiun (Tugu) masih sepi," kata Manajer Humas PT KAI Daop 6 Yogyakarta, Eko Budiyanto kepada detikcom, Senin (25/5/2020).

Eko melanjutkan, penumpang KLB dari Stasiun Tugu sendiri tidak menentu. Mengingat kapasitas tempat duduk KLB hanya 65 kursi, jumlah tersebut sudah maksimal. Selain itu, KLB sendiri bukan berfungsi sebagai angkutan lebaran.

"Masih sepi karena KLB itu bukan kereta api untuk angkutan mudik dan balik, tapi KLB angkutan untuk membantu pemerintah dalam rangka memutus mata rantai COVID-19. Jadi diutamakan petugas kesehatan, ASN, TNI/Polri dan Gugus Tugas," kata Eko.

Lebih lanjut, dalam sehari hanya ada satu rangkaian KLB yang melintas di Stasiun Tugu Yogyakarta. Sedangkan untuk Prameks tetap beroperasi setiap harinya dengan trip yang terbatas.

"Sehari hanya satu rangkaian (KLB) yang lewat Yogya dengan tujuan Surabaya-Bandung atau Surabaya-Jakarta, itu saja. Jadi tanggal genap relasi ke Jakarta dan ganjil relasi ke Bandung," katanya.

"Terus untuk Prameks (dalam sehari) 4 trip atau 8 kali PP (pulang pergi) Yogya-Solo. Untuk jumlah penumpang sendiri hanya 50 persen dari kapasitas karena kami menerapkan physical distancing," imbuh Eko.

selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2