Pandemi Corona

Ganjar Ingatkan Warganya Tak Terkecoh Pakai Surat Palsu untuk Perjalanan

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Senin, 18 Mei 2020 13:43 WIB
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo memberikan penghormatan terakhir pada Didi Kempot. Ia ikut menghantarkan sang maestro campursari hingga ke peristirahatan terakhir.
Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo. (Foto: Sugeng Harianto)
Semarang -

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengingatkan warganya agar tidak memaksakan mudik apalagi menggunakan surat keterangan palsu. Ia mengimbau agar mengikuti pemerintah dan jika memang terpaksa melakukan perjalanan maka ikuti aturan.

Hal itu diungkapkan Ganjar ketika ditanya terkait adanya orang yang memalsukan surat keterangan sehat yang merupakan salah satu syarat untuk bepergian di tengah pandemi virus Corona atau COVID-19 dan larangan mudik.

Ganjar mengatakan dirinya mendengar ada penjualan surat keterangan sehat palsu yang salah satunya dijual online. Ganjar langsung kroscek ke platform belanja online.

"Saya itu live IG sama Tokopedia. Saya kenal hampir semua teman-teman di Tokopedia, bos-bosnya di sana. Nah setelah kemudian muncul, itu kan di Tokopedia ya, terus kemudian saya kontak dia, 'mbak, bener nggak ini ceritanya bahwa ada orang jual gini'. 'Oh, betul Pak memang ada, tapi belum ada transaksi satupun langsung di-banned," kata Ganjar di rumah dinasnya, Senin (18/5/2020).

Para pelaku pembuat surat palsu tersebut sudah diamankan di Bali. Ganjar pun mengingatkan agar warganya tidak nekat mudik apalagi memakai surat palsu. Ia menyebut ada saja oknum yang memanfaatkan situasi demi cari untung.

Heboh Surat Keterangan Sehat COVID-19 Dijual Online: