Pandemi Corona

3 ABK Pesiar Amerika Mudik ke Solo, Karantina Mandiri di Hotel

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Sabtu, 04 Apr 2020 21:21 WIB
Ilustrasi corona (Fauzan Kamil/detikcom)
Foto: Ilustrasi corona (Fauzan Kamil/detikcom)
Solo -

Tiga orang anak buah kapal (ABK) pesiar yang bekerja di Amerika pulang kampung ke Solo saat pandemi Corona (COVID-19). Mereka lalu melakukan karantina mandiri di salah satu hotel di Solo.

Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo mengatakan ketiga ABK itu tiba di Solo pada Jumat (3/4/2020) malam. Mereka dipastikan telah berada di sebuah hotel di Solo.

"Sudah datang kemarin malam. Dari pihak keluarga minta karantina mandiri di hotel," kata Rudy, Sabtu (4/4/2020).

Dari tiga ABK itu, hanya satu yang berasal dari Kota Solo. Dua lainnya berasal dari Kabupaten Sukoharjo dan Kabupaten Klaten.

"Mereka tetap kita pantau. Nanti ada petugas medis yang memeriksa kondisi kesehatan mereka," ujarnya.

Rudy mengapresiasi sikap kooperatif dari pemudik tersebut. Dia berharap pemudik lain juga bersedia melakukan karantina, baik secara mandiri ataupun di tempat yang disediakan Pemkot Solo.

Di sisi lain, Pemkot Solo menyediakan tiga tempat karantina untuk pemudik dan warga berdomisili Solo. Ketiga tempat itu adalah Grha Wisata Niaga, Ndalem Priyosuhartan dan Ndalem Joyokusuman.

Namun saat ini ketiga tempat itu masih dalam penataan. Pekerjaan yang masih dilakukan adalah pemagaran, pembuatan tempat cuci tangan dan pembuatan sekat-sekat ruang untuk tidur.

(bai/rih)