Oplos Gula Pasir, Warga Banjarnegara Ini Ditangkap Polisi

Uje Hartono - detikNews
Rabu, 01 Apr 2020 21:04 WIB
Polres Banjarnegara ungkap praktik pengoplosan gula, Rabu (1/4/2020).
Polres Banjarnegara ungkap praktik pengoplosan gula, Rabu (1/4/2020). (Foto: Uje Hartono/detikcom)
Banjarnegara -

Praktik pengoplosan gula pasir dengan gula kristal rafinasi di Banjarnegara, Jawa Tengah terbongkar. Gula oplosan ini sudah beredar melalui pasar tradisional di Banjarnegara dan Wonosobo.

Kapolres Banjarnegara AKBP IGA Dwi Perbawa Nugraha mengatakan, pihaknya menetapkan pria berinisial H (33) warga Desa Somawangi, Kecamatan Mandiraja, Banjarnegara sebagai tersangka pengoplosan gula pasir. Modusnya, tersangka mencampur gula pasir dengan gula kristal rafinasi.

"Kami sudah menetapkan pria berinisial H ini sebagai tersangka pengoplosan gula pasir," ujarnya saat jumpa pers di Mapolres Banjarnegara, Rabu (1/4/2020).

Modusnya, selain gula pasir dicampur dengan gula kristal rafinasi, tersangka juga mencampur zat pewarna makanan. Tujuannya adalah agar gula oplosan tersebut terlihat seperti gula pasir pada umumnya.

"Kalau gula kristal rafinasi ini cenderung lebih putih. Jadi oleh tersangka diberi pewarna agar sedikit kecoklatan," jelasnya.

Meski tidak berdampak langsung terhadap konsumen, namun jika dikonsumsi dalam jangka panjang, gula oplosan ini membahayakan. Mengingat kandungan gula lebih tinggi dibanding gula pasir pada umumnya.

"Gula kristal rafinasi ini mestinya digunakan untuk pemanis pabrikan, bukan dikonsumsi langsung," katanya.

Selanjutnya
Halaman
1 2