Pandemi Corona

Pakar UGM: Ada 18 Herbal Pendongkrak Imun, Termasuk Kembang Sepatu

Tim Detikcom - detikNews
Senin, 30 Mar 2020 11:24 WIB
Ilustrasi virus Corona
Foto: Foto: Dok. NIAID (National Institute of Allergy and Infectious Diseases
Yogyakarta -

Pakar dari Universitas Gadjah Mada (UGM) mengungkap sejumlah herbal yang bisa dikonsumsi untuk mendongkrak imunitas tubuh dan menangkal virus Corona atau COVID-19. Sebanyak 18 herbal disebut pernah diteliti dan terbukti mampu meningkatkan imunitas tubuh. Apa saja?

"Ada beberapa herbal yang pernah diteliti baik secara in vitro (pada sel) maupun in vivo pada hewan uji yang bisa mendongkrak imun tubuh," ujar Ketua Program Studi Profesi Apoteker, Dosen Departemen Farmakologi dan Farmasi Klinik, Fakultas Farmasi UGM, Apt Ika Puspitasari, MSi, PhD.

Hal ini disampaikan Ika melalui keterangan tertulis yang dikirim Humas UGM, Senin (30/3/2020).

Ika mengatakan konsumsi imunomodulator ataupun vitamin dan suplemen tidak boleh menggantikan gizi seimbang yang dikonsumsi sehari-hari. Dengan kata lain, masyarakat tetap dianjurkan untuk menjaga pola makan dengan gizi seimbang.

Dia mengungkap, ada 18 herbal yang pernah diteliti dan terbukti mampu meningkatkan imunitas. Beberapa herbal tersebut antara lain Kembang Sepatu (Hibiscus rosasinensis), Brotowali (Tinospora cordifolia), Teen (Ficus carica), Lidah buaya (Aloe vera), Murbei (Morus alba), Jeruk nipis (Citrus aurantifolia), Bawang putih (Allium sativum), Kunyit (Curcuma longa), Orang-aring (Eclipta alba), Mangga (Mangifera indica), Mimba (Azadirachta indica), Mengkudu (Morinda citrifolia), Pegagan (Centella asiatica), Cabe Jawa (Piper longum), Echinace (Echinacea pupurea), Meniran (Phyllanti niruri), Keladi tikus (Thyponium flagelliforme) dan Sarang semut (Myrmecodia tuberosa).

Penting! Cuci Tangan dan Tak Sentuh Wajah Bisa Hindari Diri dari Corona:

Selanjutnya
Halaman
1 2