Sri Sultan HB X Minta Belanda Juga Kembalikan Naskah Kuno

Pradito Rida Pertana - detikNews
Rabu, 11 Mar 2020 16:59 WIB
Raja Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X bersama Raja Belanda, Willem Alexander dan Ratu Maxima di Regol Donopratopo, Rabu (11/3/2020).
Raja Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X bersama Raja Belanda, Willem Alexander dan Ratu Maxima di Regol Donopratopo, Rabu (11/3/2020). (Foto: Pradito Rida Pertana/detikcom)

Ditanya naskah apa saja yang seharusnya dikembalikan ke Indonesia, Sultan HB X tak mengungkapkannya secara gamblang. Menurutnya, hal itu karena ia belum memiliki data yang valid.

"Kita nggak tahu persis ya, kami nggak punya data-data itu (terkait naskah yang hilang dan harus dikembalikan ke Indonesia)," kata Sultan HB X.

Diberitakan sebelumnya, Keris Pangeran Diponegoro bergelar Kiai Naga Siluman telah kembali ke Tanah Air. Pengembalian itu masih menyisakan kontroversi keotentikan pusaka itu. Keris itu dipertontonkan di Istana Bogor, Jawa Barat, Selasa (10/3).

Keris yang sempat meninggalkan Tanah Jawa sejak 1830 itu ditempatkan dalam lemari kaca, berdiri terpisah dari warangka (sarung keris). Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang saat itu bersetelan jas biru terlihat sedikit membungkuk untuk mencermati detail keris itu.

Halaman

(sip/rih)