Agus Eks Bupati Sragen Bebas, Golkar Galang Poros Baru Lawan Petahana

Andika Tarmy - detikNews
Selasa, 10 Mar 2020 16:51 WIB
Mantan Bupati Sragen Agus Fatchur Rahman, Selasa (10/3/2020).
Mantan Bupati Sragen Agus Fatchur Rahman, Selasa (10/3/2020). (Andika Tarmy/detikcom)
Ditanya terkait konstelasi politik jelang Pilkada Sragen 2020, Agus menyinggung perlunya figur baru yang memimpin Sragen pada periode mendatang. Hal ini menguatkan potensi munculnya poros baru dengan Golkar sebagai sentral dalam Pilkada Sragen mendatang.

"Melihat demokrasi itu kalau diselewengkan menjadi politik dinasti itu menjadi sesuatu yang kontraproduktif. Bagi masyarakat Sragen, saya kira butuh figur baru, wajah baru, yang saya kira lebih segar, lebih mampu untuk bekerja. Kita sekarang sudah membuktikan lima tahun itu kerja mereka seperti apa," terangnya.


Diwawancarai terpisah, Bendahara DPD II Partai Golkar Sragen Pujono Elly Bayu Effendi menyebutkan kembalinya Agus Fatchur Rahman akan memperkuat kalangan internal Golkar Sragen. Pihaknya kini fokus menggalang komunikasi dengan berbagai partai, untuk membentuk poros baru sebagai lawan bupati petahana Kusdinar Untung Yuni Sukowati, yang sudah terlebih dulu mendeklarasikan rekomendasi dari PDI Perjuangan.

"Poros baru tidak hanya mungkin, (tapi) sangat mungkin. Pak Agus pasti akan menjadi kekuatan sentral di luar dari pasangan yang sudah ada. Saya tegaskan iya (poros baru)," tegas Bayu.

Saat ini, lanjutnya, Golkar Sragen sedang melakukan konsolidasi internal untuk memastikan arah dukungan partai, baik itu mencalonkan sendiri atau mendukung calon dari luar partai. Sementara itu, komunikasi dengan partai lain dilakukan, terutama dengan partai yang belum memiliki pasangan calon.

"Kami masih penjaringan. Banyak tokoh yang masuk ke kami. Tapi kalau Pak Agus, saya kira tidak (mencalonkan). Beliau sudah legowo," kata Bayu.

Halaman

(rih/mbr)