Sah! Kakek-Nenek Bercicit 1 Ini Ikut Nikah Massal di Banyumas

Arbi Anugrah - detikNews
Jumat, 28 Feb 2020 13:09 WIB
Pasangan kakek-nenek bercicit satu ini ikut nikah massal di Banyumas, Jumat (28/2/2020)
Foto: Pasangan kakek-nenek bercicit satu ini ikut nikah massal di Banyumas (Arbi Anugrah/detikcom)
Banyumas -

Sebanyak 143 pasang pengantin mengikuti prosesi nikah massal untuk memperingati hari jadi ke-449 Banyumas. Tak terkecuali pasangan kakek-nenek Waridi (85) dan Tuwiyem (60) yang kini sah menikah.

Pasangan Waridi dan Tuwiyem menjadi pasangan tertua yang pernikahannya belum dicatat negara, sementara pasangan termuda di acara ini berusia 19 tahun. Waridi mengaku senang setelah hidup bersama selama 23 tahun akhirnya dia punya buku nikah dengan Tuwiyem.

"Rasanya senang, sudah 23 tahun kumpul dengan istri. Saat ini sudah punya anak 1, cucu 1 dan buyut (cicit) 1," kata Waridi kepada wartawan usai mengikuti sidang isbat nikah bertajuk 'Banyumas Mantu' di Pendopo Supanji Purwokerto, Jumat (28/2/2020).

Sah! Kakek-Nenek Bercicit 1 Ini Ikut Nikah Massal di BanyumasFoto: Pasangan kakek-nenek bercicit satu ini ikut nikah massal di Banyumas (Arbi Anugrah/detikcom)

Waridi yang sehari-hari bekerja sebagai petani ini menceritakan jika dirinya dahulu dinikahkan oleh seorang kiai di Desanya di Watagung, Kecamatan Tambak. Sejak saat itu dirinya tidak pernah mendapatkan buku nikah yang resmi tercatatkan oleh negara.

"Dulu nikahnya di Tambak sama pak kiai, bukan di kantor agama. Belum dapat bukunya, pak kiai sudah meninggal," ujarnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2