Saudi Setop Umrah, Begini Cerita Rombongan Jemaah Asal RI di Madinah

Pradito Rida Pertana - detikNews
Kamis, 27 Feb 2020 16:35 WIB
Jemaah umrah asal Indonesia di Madinah, Kamis (27/2/2020).
Foto: Jemaah umrah asal Indonesia, Subroto (kanan) asal Yogyakarta dan Sukiman asal Sukoharjo di Madinah, Kamis (27/2/2020). (Dok. Aris Setiawan)

"Ya memang kami sengaja tidak kami beritahu agar jemaah tidak terganggu konsentrasinya saat menunaikan ibadah," katanya.

Aris mengungkapkan, saat ini ia sedang berada di Madinah bersama dengan rombongannya yang berjumlah 153 orang. Dia dan rombongannya saat ini sedang melaksanakan city tour.

"Tapi yang jelas kita tetap sesuai jadwal, jemaah aman terkendali, tenang dan tetap melanjutkan ibadah seperti rencana awal," ujarnya.

"Untuk besok pagi kita menuju Mekkah untuk melaksanakan umrah, kemudian kita pulangnya (ke Indonesia) tanggal 4 Maret," sambung Aris.

Selain itu, Aris mengungkap pemerintah Arab Saudi tidak memberikan pemberitahuan khusus kepada para jemaah terkait kebijakan tersebut. Karena itu, ia memastikan kondisi jemaah di Arab Saudi baik-baik saja dan tidak mengalami pemulangan secara paksa.

"Ndak ada (perintah dari Arab Saudi agar jemaah pulang). (Jemaah) Yang sudah di sini normal-normal saja, tidak ada masalah," kata Aris.

Halaman

(sip/mbr)