Gegara Banjir Jakarta Jadwal 4 Kereta ke Yogya Telat Hingga 2,5 Jam

Pradito Rida Pertana - detikNews
Rabu, 26 Feb 2020 15:15 WIB
Area perangkat wesel di Stasiun Pasar Senen tergenang air. Hal itu turut berimbas pada perjalanan kereta dari stasiun tersebut.
Wesel Kereta di Stasiun Senen Kebanjiran. (Foto: Grandyos Zafna)
Yogyakarta -

Banjir yang melanda Jakarta mengakibatkan jadwal kedatangan kereta api jurusan Jakarta-Yogyakarta mundur. Ada empat kereta api relasi Jakarta-Yogyakarta yang kedatangannya hari ini terlambat hingga 2 jam lebih.

"Yang telat (datang hari ini Kereta Api) Fajar Utama Yogyakarta, Argo Dwipangga, Taksaka, Gaya Baru Malam Selatan dan Matarmaja," kata Manager Humas PT KAI (Persero) Daerah Operasi (Daop) 6 Yogyakarta, Eko Budiyanto saat dihubungi detikcom melalui telepon, Rabu (26/2/2020).

Eko menuturkan rata-rata kereta api yang tiba di Yogyakarta mengalami keterlambatan dua jam. Dia memastikan akibat banjir Jakarta jadwal kedatangan kereta mengalami keterlambatan minimal satu jam.

"Ada yang telat 150 menit, ada yang 120 menit, ada yang 160 menit dan 90 menit, gitu. Ya lebih dari 2 jam lah (rata-rata). Jadi kalau kereta hampir semua keberangkatan dari Jakarta mengalami kelambatan minimal 60 menit," sambung Eko.

Eko menyebut empat kereta tujuan Yogya tersebut berangkat dari Stasiun Kereta Api Gambir. Jadwal kereta itu terlambat, kata Eko, karena banjir Jakarta belum surut.

"Semua itu kedatangan. Jadi kereta dengan keberangkatan dari Gambir ke Yogyakarta, terlambat karena kondisi banjir di Jakarta, sekarang kan belum surut, kan gitu," jelasnya.

Eko mengatakan ada juga jadwal kereta dari Yogyakarta yang berangkat menuju ke Jakarta. Dia memastikan jadwal keberangkatan itu sesuai jadwal.

"Kalau keberangkatan (dari Stasiun Kereta Api Yogyakarta) tidak masalah, karena di Jogja ada serep (kereta api cadangan). Memang ada 1 sampai 2 kereta yang telat tapi secara prinsip kita punya serep," ucap Eko.

(ams/mbr)