Ramaikan Pilkada Purworejo, Calon Independen Daftar ke KPU

Rinto Heksantoro - detikNews
Senin, 24 Feb 2020 00:17 WIB
Calon independen mendaftar di Pilkada Purworejo
Calon independen mendaftar di Pilkada Purworejo. (Foto: Rinto Heksantoro/detikcom)
Purworejo -

Bacabup/bacawabup dari jalur perseorangan atau jalur independen malam ini mendaftarkan ke KPU Purworejo, Jawa Tengah. Bakal paslon tersebut menjadi satu-satunya kontestan dari jalur perseorangan yang mendaftar di Pilkada Purworejo 2020.

Slamet Riyanto dan Suyanto yang merupakan bakal paslon yang akan ikut bertarung dalam Pilkada Purworejo 2020. Keduanya datang ke kantor KPU Kabupaten Purworejo di Jalan Urip Sumoharjo No 6, Purworejo, dikawal seratusan pendukung pada Minggu (23/2/2020) malam.

"Malam ini kami ke KPU untuk menyerahkan persyaratan dokumen dukungan perseorangan. Kami sudah persiapan selama sekitar 5 minggu," kata Slamet Riyanto saat ditemui detikcom di kantor KPU Purworejo.

Kedua mantan kepala desa itu mampu menyiapkan berkas persyaratan dukungan sejumlah 46.614 dukungan yang dibuktikan dengan formulir B-1. Jumlah tersebut sudah lebih dari cukup dari jumlah dukungan yang dipersyaratkkan KPU yakni minimal 46.096.


Slamet Riyanto berharap berkas yang diserahkan tersebut nantinya akan memenuhi syarat setelah dilakukan verifikasi dan bisa lolos ke tahap pendaftaran pada Juni 2020 nanti.

"Kami bawa 46.614 dukungan, lebih dari cukup dan itu pun kami juga masih membawa serep (cadangan). Dukungan juga dari 16 kecamatan malah, bukan hanya 9 kecamatan seperti yang dipersyaratkan. Harapannya insyaallah bisa lolos proses selanjutnya. Setelah lolos harus menang. Sekali melangkah harus sampai tujuan," lanjutnya.

Ramaikan Pilkada Purworejo, Calon Independen Daftar ke KPUBerkas yang dibawa calon ke KPU Purworejo. (Foto: Rinto Heksantoro/detikcom)


Sementara itu, Divisi Teknis KPU Kabupaten Purworejo Widya Astuti, menuturkan penerimaan dokumen dukungan bakal calon perseorangan wabup/cawabup 2020 telah terjadwal sejak 19 hingga 23 Februari 2020. Hingga hari terakhir atau Minggu malam ini, baru ada satu bakal calon yang menyerahkan berkas dukungan dan menjadi satu-satunya bakal calon yang akan mendaftar dari jalur perseorangan.


"Penerimaan berkas barakhir pada Minggu (23/2) malam ini pukul 24.00 wib. Sampai saat ini baru ada satu bakal paslon yang menyerahkan dokumen dukungan dan menjadi satu-satunya bakal paslon yang akan mendaftar dari jalur peseorangan karena dari kemarin-kemarin memang baru ini (Slamet Riyanto dan Suyanto) yang sudah memberitahukan ke kami. Misal yang lain ada yang nyusul, jelas waktunya nggak cukup karena ada tahap sebelumnya yang harus dilalui," ucap Widya.

Simak juga video Bacalon Walkot Jalur Independen Serahkan Persyaratan ke KPU Cilegon:

[Gambas:Video 20detik]

(mbr/mbr)